ANALISIS EKIVALENSI SEPEDA MOTOR DENGAN METODE REGRESI LINIER BASIS KECEPATAN DI KUTA UTARA SAAT PPKM
Abstrak
Penggunaan moda transportasi sepeda motor di Kabupaten Badung mempunyai populasi tertinggi dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Kemacetan di Jalan Raya Kota Badung merupakan akibat dari laju pertumbuhan sepeda motor. Sebagaimana diketahui bahwa di dalam buku Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 yang digunakan untuk menilai kinerja lalu lintas di Indonesia secara menyeluruh masih menggunakan ekuivalensi mobil penumpang sebagai dasar. Berdasarkan konteks tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai analisis ekuivalensi sepeda motor menggunakan metode regresi linier berbasis kecepatan dan membandingkan hasilnya dengan ekuivalensi mobil penumpang pada buku Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 yang dilakukan saat kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berlangsung, khususnya di Jalan Raya Canggu, Jalan Raya Kerobokan, dan Jalan Raya Padang Luwih. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan cara menghitung ekuivalensi sepeda motor dengan analisis regresi. Adapun hasil dari analisis penelitian menerangkan bahwa ekuivalensi sepeda motor, kendaraan ringan, dan kendaraan berat Jalan Kerobokan berterut-turut sebesar 1.00, 8.36, dan 16.22. Nilai ekuivalensi di Jalan Raya Canggu untuk sepeda motor, kendaraan ringan, dan kendaraan berat adalah berturut-turut sebesar 1.00, 7.15, dan 15.28. Jalan Raya Padang Luwih didapat ekuivalensi sepeda motor sebesar 1.00, kendaraan ringan 3.98 dan kendaraan berat 14.53. Sedangkan, untuk hasil angka kinerja didapat pada Jalan Raya Canggu sebesar 9,059 ssm/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 3.46. Pada Jalan Raya Kerobokan derajat kejenuhan sebesar 2.56 ssm/jam dengan arus lalu lintas 6,925 ssm/jam. Sedangkan data arus lalu lintas ruas Jalan Raya Padang Luwih sebesar 9,008 ssm/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 2.93 ssm/jam.
Referensi
Aisyah, Z. A. (2016). Analisis Faktor Dominan Sepeda Motor terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Campuran pada Ruas Jalan Tipe Terbagi di Makasar.
Anisarida, A. A., & Santosa, W. (2019). Korban Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor di Kota Bandung. Jurnal HPJI, 5(2), 129–136. https://doi.org/10.26593/jh.v5i2.3373.129-136
BPS. (2020). Survei Penduduk Antar Sensus Bali. Badan Pusat Statistik Bali.
Departemen Perhubungan. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Dharma, I. P. A. E. W. (2019). Perilaku Pengguna Sepeda Motor dalam Mengutamakan Keselamatan Berlalu Lintas [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. https://e-journal.uajy.ac.id/19367/
Hutabarat, H. D. M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Terhadap Proses Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Model Regresinya. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.18821
Kariyana, I. M., Suthanaya, P. A., Wedagama, D. M. P., & Ariawan, I. M. A. (2021). The saturated flow modeling on motorcycle behavior based on through movements at signalized intersections. Civil Engineering and Architecture, 9(4), 1189–1197. https://doi.org/10.13189/cea.2021.090420
Nanda, I. (2021). Tebaran Situasi Sepeda Motor Pada Berbagai Kondisi Lalu Lintas Di Jalur Jl.Letda Sujono. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 1(3), 1–10.
Pemerintah Indonesia. (2021). Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali atau PPKM. https://covid19.go.id
Pemprov Bali. (2021). Info Corona Pemerintahan Provinsi Bali. https://infocorona.baliprov.go.id
Wardoyo, W., Aminuddin, K. M., Ramadhani, & Meidiani, S. (2022). Kajian Kajian volume lalu lintas di Jl.H.M.Noerdin dengan membandingkan data pada tahun 2017 dan tahun 2021. TEKNIKA: Jurnal Teknik, 9(1), 75–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v9i1.208
Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan pada Daya Tarik Wisata di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 279. https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i01.p10
Zakaria, A., & Ramli, M. I. (2019). Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Nilai Ekuivalen Sepeda Motor Arus Lalu Lintas Campuran Pada Ruas Jalan Tipe Terbagi di Makassar. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/307
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).