ANALISIS KONDISI FUNGSIONAL RUAS JALAN JENU-MERAKURAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PSI DAN RCI SERTA PREDIKSI SISA UMUR PERKERASAN JALAN (REMAINING LIFE)

  • Sugiyanto Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sunan Bonang, Tuban, Jawa Timur, Indonesia
  • Arifin Nur Ahmad Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sunan Bonang, Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Kata Kunci: remaining life, perkerasan jalan, indeks permukaan, indeks pelayanan

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisa kondisi fungsional jalan Jenu-Merak Urak. Pada ruas jalan dengan konstruksi menggunakan perkerasan lentur (jalan aspal) dan memiliki panjang 5.3 kilometer atau 3.29 mil, analisa didasarkan pada nilai kerataan jalan atau IRI (international roughness index) diperoleh pada pengamatan jalan tersebut. Parameter yang digunakan berupa indeks-indeks yang terkait dengan tingkat keyamanan/kinerja jalan (riding quality) dan perkiraan sisa umur layanan jalan. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil analisis fungsional jalan berdasarkan kondisi permukaan jalan (road condition index) sebesar 7.75 dapat dinyatakan kondisi permukaan jalan yang dianalisa tergolong sangat baik dan umumya rata. Demikian juga, hasil analisis fungsional jalan berdasarkan kondisi pelayanan jalan (present serviceability index) sebesar 4.03 dapat dinyatakan kondisi fungsi pelayanan jalan yang dianalisa tergolong baik. Berdasarkan data peningkatan lalu lintas aktual (3.05%/tahun) dibanding dengan rencana (2.7%/tahun) mengakibatkan prediksi sisa umur perkerasan (remaining life) jalan yang dianalisa, umur rencana jalan berakhir 3 (tiga) tahun lebih cepat dari umur yang direncanakan. Hasil analisa yang didapatkan pada penelitian ini dapat membuktikan terjadi korelasi dan tidak berdiri sendiri antara hasil analisis kondisi permukaan jalan yang tergolong baik dan umumnya rata akan menghasilkan kondisi pelayanan jalan yang tergolong baik juga.

Referensi

Adwang & Jimmy. (2020). Analisa Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ) Pada Ruas Jalan Nasional Tumora (Bts. Kab. Parimo)–Tambrana Nomor Ruas 31 Km. 157+800 s.d. Km. 168+000 Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Tekno, 17(74), 122–138.

Amalia & Rizky. (2018). Evaluasi Penilaian Kondisi Jalan Dengan Menggunakan Metode PSI dan RCI Serta Penanganan Pemeliharaan Pada Ruas Jalan Tol Semarang – Bawen. Tugas Akhir D4 Teknik Pengelolaan Dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Universitas Gajah Mada, Yogjakarta.

Anonim. (2004). Perencanaan Rigid Pavement Dengan Metode AASHTO 1993. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian PUPR.

Anonim. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia..

Anonim. (2017). Surat Edaran Tentang Penyampaian Manual Desai Perkerasan Jalan Revisi 2017 di Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Anonim. (2020). Data Teknis dan Observasi Kondisi Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHRT) Ruas Jalan Jenu-Merak Urak. Tuban: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.

Bachtiar, R., & Nurmeyliandari, R. (2017). Analisa Kondisi Fungsional Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Jalan Harun Sohar Palembang). Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 37–44.

Isnaini, A. Y., Suparma, L. B., & Utomo, S. H. T. (2019). Perancangan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Kabupaten Wonogiri. Jurnal HPJI, 5(2), 119–128.

Kusanti, N. D., & Ahmad, H. (2018). Analisa Beban Kendaraan Terhadap Umur Sisa Perencanaan di Ruas Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera (Sukadana-Menggala). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 1(1), 1–11.

NCHRP. (2001). Rehabilitation Strategies for Highway Pavements. US America: National Cooperative Highway Research Program Transportation Research Board National Research Council.

Nugraheni, Novia, A., Suryoto, & Setyawan, A. (2018). Analisis Kondisi Fungsional Jalan Dengan Metode PSI Dan RCI Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan Studi Kasus : Jalan Batas Kota Wates–Milir. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, 105–119.

Padang, A. R., Agung, I. B., & Sutrisno, W. (2020). Evaluasi Kondisi Perkerasan Dan Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index Dan Binamarga 2011. Rekayasa Dan Konstruksi Jalan, 31–42.https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/renovasi/article/view/8220

Rahman, M. A., Arifin, H., & Sowolino, B. O. (2022). Perbandingan Metode International Roughness Index Dengan Pavement Condition Index Untuk Penentuan Kondisi Jalan Nasional di Kota Wamena (Studi Kasus : Ruas Jalan Wamena – Habema). Rang Teknik Journal, 5(1), 1–7.

Riadi & Muchlisin. (2014). Pengertian, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja. In 22 Maret 2020, 20:15 (diakses 22 Maret 2020). http://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-indikatorfaktor-mempengaruhi-kinerja.html

Risdiyanto. (2014). Rekayasa dan manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: PT. Leutika Nouvalitera.

Sahri & Iqbal. (2018). Pengkategorian Penilaian Uji Laik Fungsi Jalan Ditinjau Dari Aspek Keselamatan. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan, 83–91.

Sari, D. K., Setyawan, A., & Suryoto, S. (2018). Analisis Kondisi Fungsional Jalan Dengan Metode PSI Dan RCI Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan (Studi Kasus : Jalan Milir - Sentolo). E-Jurnal Matriks Teknik Sipi, 6(1), 120–132. https://doi.org/10.20961/mateksi.v6i1.36603

Setiawan, A. (2020). Studi Analisis Proyek Jalan Sidoharjo Kecamatan Senori Tuban Dengan Metode Analisis Komponen SKBI-2.3.26.1987. Skripsi Tidak Terpublikasi Fakultas Teknik Universitas Sunan Bonang, Tuban.

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.

Suriyatno, Purnawan, & Putri, E. E. (2015). Analisis Tebal Lapis Tambah dan Umur Sisa Perkerasan Akibat Beban Berlebih Kendaraan (Studi Kasus Ruas Jalan Nasional di Provinsi Sumatera Barat). Annual Civil Engineering Seminar 2015, Pekanbaru, 169–176.

Tanan, & Natalia. (2019). Pemanfaatan Kendaraan Jaringan Jalan Untuk Mengumpulkan Data Uji Laik Fungsi Jalan. Jurnal Jalan Jembatan, 36(2), 103–116.

Tuanaya, M. A., Siregar, H., & Sawito, K. (2021). Analisa Penanganan Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus: Ruas Jalan Tepa - Letwurung Di Pulau Babar Kabupaten Mbd). Prosiding Seminar Nasional Ketekniksipilan, Infrastruktur Dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK), 1(1). http://prosiding.uika-bogor.ac.id/index.php/kiijk/article/view/373

Widodo, A. D. (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan dan Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index, Bina Marga dan Metode Mekanistik- Empirik Dengan Program Kenpave (Studi kasus Ruas Jalan Magelang – Yogyakarta Sta 11±000 – Sta 12±000). Tesis Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Yogjakarta. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.000027%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmwmotorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Wirahadikusumah, R. D., Sapitri, Susanto, B., & Biemo W. Soemardi. (2017). Isu Strategis pada Pengadaan Pengusahaan Jalan Tol dalam Kerjasama Pemerintah dan Swasta. Jurnal Teknik Sipil, 20(3), 233–244.

Diterbitkan
2022-05-18
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 335 times
PDF (English) downloaded = 420 times