ANALISIS PERBANDINGAN ARUS JENUH PADA PENDEKAT SIMPANG TERLINDUNG DAN TERLAWAN DENGAN METODE MKJI DAN METODE TIME SLICE (STUDI KASUS: SIMPANG SUBITA DAN SIMPANG WARIBANG)

  • I Made Kariyana Program Studi Teknik Sipil, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
  • Gede Sumarda Program Studi Teknik Sipil, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
  • I Gede Aryanta Putra Program Studi Teknik Sipil, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Bali
Kata Kunci: arus jenuh, pendekat terlindung dan terlawan, MKJI, time slice

Abstrak

Sebanyak 33% kepemilikan kendaraan di Provinsi Bali pada tahun 2019 berada di Kota Denpasar, ditambah dengan melintasnya kendaraan dari luar kota untuk bekerja maupun berekreasi ikut membebani jaringan jalan di Kota Denpasar. Hal tersebut menimbulkan permasalahan pada sistem transportasi yaitu mempengaruhi kinerja jaringan jalan khususnya kinerja simpang bersinyal di Kota Denpasar. Kinerja simpang bersinyal dipengaruhi oleh kapasitas dari pendekatnya dimana salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah arus jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan arus jenuh pada pendekat terlindung dan terlawan antara Metode MKJI dengan Time Slice. Hasil arus jenuh pada pendekat terlindung di Simpang Subita berdasarkan MKJI adalah 3,629 smp/jam hijau lebih besar 71.18% dibandingkan dengan Metode Time Slice yaitu 2,120 smp/jam hijau, sedangkan hasil arus jenuh pada pendekat terlawan di Simpang Waribang berdasarkan MKJI adalah 1,857 smp/jam hijau lebih kecil 37.49% dibandingkan dengan Metode Time Slice yaitu 2,971 smp/jam hijau.

Referensi

Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direkctorat Jenderal Bina Marga.

Anonim. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Anonim. (2020). Provinsi Bali Dalam Angka 2020. Denpasar: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Balaka, R., & Yudistira, W. (2018). Analisa Model Arus Jenuh Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Jl. Drs. H. Abdullah Silondae – Jl. Syech Yusuf – Jl. Lawata). Jurnal Stabilita, 6(3), 49–54.

Bowoputro, H., Arifin, M. Z., Djakfar, L., & Kusumaningrum, R. (2014). Kajian Arus Jenuh Pada Simpang Bersinyal di Kota Malang Bagian Selatan. Jurnal Rekayasa Sipil, 8(2), 152–157.

Fadli, S., & Elkhasnet. (2012). Perbandingan Nilai Arus Jenuh pada Pendekat Simpang Dengan dan Tanpa Ruang Henti Khusus. Jurnal Transportasi, 12(3), 217-226.

Kariyana, I M., Ardana, P. D. H., & Sumarda, G. (2019). Analisis Arus Jenuh di Simpang Bersinyal dengan Metode Time Slice dan MKJI 1997 (Studi Kasus Simpang Sudirman – Yos Sudarso). Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, 257–264. Tanjung Benoa-Bali: Universitas Mercu Buana Jakarta.

Lubis, M. (2017). Analisa Nilai Ruang Henti Khusus (RHK) Kendaraan Roda Dua di Persimpangan Jl. Imam Bonjol – Jl. Perdana Kota Medan. Buletin Utama Teknik, 13(1), 61–68.

Lubis, R. I., & Surbakti, M. S. (2017). Analisa Arus Jenuh Dan Panjang Antrian Pada Simpang Bersinyal Dan Mikrosimulasi Menggunakan Software Vissim (Studi Kasus: Simpang Hotel Danau Toba Internasional dan Simpang Karya Wisata di Kota Medan). Jurnal Teknik Sipil USU, 6(1).

Negara, N. W., Kwintaryana, P., & Wibawa, I G. A. S. B. (2019). Perbandingan Nilai Saturation Flow antara Metode Time Slice dengan Pendekatan DPU 1997. (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Kebo Iwa Dengan Jalan Arteri Gatot Subroto Barat). Jurnal Spektran, 7(2), 271–279.

Nguyen, H. D. (2016). Saturation Flow Rate Analysis at Signalized Intersections for Mixed Traffic Conditions in Motorcycle Dependent Cities. Transportation Research Procedia, 15, 694-708.

Nguyen, H., & Montgomery, F. (2007). Different Models of Saturation Flow in Traffic Dominated by Motorcycles. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 7, 2381-2395.

Panjaitan, T. U. Y., Amirotul, M. H. M., & Legowo, S. J. (2018). Studi Variasi Keberangkatan Lalu Lintas Dan Perbandingan Arus Jenuh Metode Time Slice Dengan Arus Jenuh MKJI 1997 Pada Simpang Bersinyal Dengan Short Time Countdown Timer. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, 592–601.

Subandi, A., & Gunawan, M. G. (2017). Ekivalen Mobil Penumpang Kendaraan Berat Dan Motor Belok Kanan Pada Simpang Bersinyal. Jurnal Mesa Fakultas Teknik Universitas Subang, 1–8.

Susilo, B. H., & Solihin, Y. (2011). Modification of Saturation Flow Formula by Width of Road Approach. Procedia Social and Behavioral Sciences, 16, 620-629.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Transportation Research Board. (2000). Highway Capacity Manual. Washington, D.C.: Transportation Research Board Publications.

Diterbitkan
2021-12-22
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 214 times
PDF (English) downloaded = 799 times