ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN JEMBER

  • Karina Dea Puspita Universitas Jember
  • Willy Kriswardhana Jurusan Teknik SipilFakultas TeknikUniversitas Jember
  • Nunung Nuring Hayati Universitas Jember
Kata Kunci: karakteristik kecelakaan, biaya kecelakaan, metode gross output

Abstrak

menyebabkan kepadatan lalu lintas. Namun, pertumbuhan sarana dan prasarana yang ada tidak sejalan dengan pertumbuhan lalu lintas, mengakibatkan bertambahnya kecelakaan lalu lintas. Dampak dari kecelakaan lalu lintas yaitu kenaikan pada angka kemiskinan karena menimbulkan banyak pengeluaran biaya, seperti biaya ketika kecelakaan maupun biaya sesudah terjadi kecelakaan, serta biaya hilangnya produktivitas akibat terjadinya kecelakaan. Penelitian ini untuk menghitung banyaknya kerugian biaya yang ditimbulkan akibat kecelakaan lalu lintas yang didapat dari menganalisis karakteristik kecelakaan berdasarkan keadaan korban dengan menggunakan metode Gross Output (Human Capital). Hasil dari metode Gross Output (Human Capital) diperoleh angka biaya korban kecelakaan di Kabupaten Jember selama tiga tahun (2017-2019) sebesar Rp. 162,010,233,179 dan angka biaya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Jember selama tiga tahun (2017-2019) sebesar Rp. 192,779,704,983.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Anonim. (2006). Pedoman Perhitungan Besaran Biaya Kecelakaan Lalu Lintas dengan Menggunakan Metoda The Gross Output (Human Capital). Jakarta: Pusat Litbang Prasarana Transportasi.

Azizurrohman, M. F., Hayati, N. N., & Kriswardhana, W. (2018). Peluang Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Pengendara di Kabupaten Jembe. Universitas Jember.

Farida, I., & Santosa, W. (2018). Keselamatan angkutan bus di Kabupaten Garut. Jurnal Transportasi, 18(3), 211–218. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jt.v18i3.3159.%25p

Kriswardhana, W., Sulistyono, S., Ervina, I., Supriyanto, D., Hayati, N. N., Wicaksono, A., & Ramadhani, R. A. (2019). Modeling The Probability Of Speeding Behaviour And Accident Involvement Using Binary Logistic Regression. Journal of Indonesia Road Safety, 2(3), 149–158.

Ogden, K. W. (1996). Safer roads. A guide to road safety engineering. Aldershot, UK: Avebury Technical.

Raj, C. K. P., Datta, S. S., V, J., Singh, Z., & V, S. (2011). Study of knowledge and behavioural patterns with regard to road safety among high school children in a rural community in Tamil Nadu, India. Indian Journal of Medical Specialities, 2(2). https://doi.org/10.7713/ijms.2011.0028

Rozy, R. F. (2010). Evaluasi Biaya Kecelakaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sugiyanto, G. (2017). The cost of traffic accident and equivalent accident number in developing countries (case study in Indonesia). ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 389–397.

Diterbitkan
2020-10-29
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 484 times
PDF (English) downloaded = 614 times