STUDI PELAYANAN DAN FASILITAS TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA DI IBUKOTA PROVINSI KALIMANTAN UTARA
Abstrak
Provinsi Kalimantan Utara hanya memiliki satu Bandar Udara domestik yang berada di Kota Tanjung Selor yang bernama Tanjung Harapan. Oleh karena itu standar pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola bandara haruslah sesuai dengan standar yang mampu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode analisis IPA (Importance Performance Analisys), dalam analisis ini ada 36 atribut atau indikator yang menjadi tolak ukur dalam menentukan kepuasan penumpang terhadap pelayanan yang diberikan di terminal bandar udara tanjung harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat standar pelayanan terminal penumpang dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan terminal bandar udara. Hasil penelitian mengenai Standar pelayanan Terminal Menurut PM.nomor 178 tahun 2015 menyatakan bahwa hasil penilaian terhadap fasilitas proses keberangkatan dan kedatangan mendapat nilai 75 dengan predikat “B†(baik sekali). Metode IPA (Importance Performance Analisys) pada kepuasan penumpang terdapat 5 atribut pada kuadran I (prioritas utama), 17 atribut pada kuadran II (pertahankan prestasi), 10 atribut pada kudran III (prioritas rendah), dan 4 atribut pada kuadran IV (berlebihan).
Referensi
Anonim. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Anonim. (2020). Data Lalu Lintas Angkutan Udara Bandar Udara Tanjung Harapan. Tanjung Harapan: Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tanjung Harapan.
Barudana, E. B., & Susilo, D. (2018). Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Di Stasiun Menggunakan Metode IPA. (Studi Kasus Stasiun Madiun, Jawa Timur). Universitas Teknologi Yogyakarta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 SPSS (Cetakan ke). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Juniawan, D. M., Wicaksono, A., & Kusumaningrum, R. (2018). Kajian Kinerja Pelayanan Sisi Darat Bandara Banyuwangi Dengan Metode IPA dan SWOT. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), 562–574. Retrieved from http://sipil.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmts/article/view/670
Shaula, E. A. (2018). Evaluasi Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Bandar Udara Ahmad Yani. Univeristas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Soehartono. (2002). Metode penelitian Sosial. Badung: Persada.
Subekti, S. (2018). Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Terminal Domestik di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 277–288. https://doi.org/https://doi.org/10.25104/warlit.v29i2.558
Suhendra, A., & Prasetyanto, D. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26760/rekaracana.v2i2.59
Sunyoto, D. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media Pressindo.
Supranto. (2001). Statistik teori dan aplikasi. Jakarta: Airlangga.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.
Wahyudi, J., Arifin, M. Z., & Wicaksono, A. D. (2016). Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakan. Rekayasa Sipil, 10(2), 136–145.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).