STUDI PELAYANAN DAN FASILITAS TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA DI IBUKOTA PROVINSI KALIMANTAN UTARA

  • Achmad Zultan Mansur Jurusan Teknik Sipil, Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, Kalimantan Utara
  • Budi Setiawan Jurusan Teknik Sipil, Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, Kalimantan Utara
  • Khayrunisyah Yahya
Kata Kunci: standar pelayanan, kepuasan, fasilitas, metode IPA

Abstrak

Provinsi Kalimantan Utara hanya memiliki satu Bandar Udara domestik yang berada di Kota Tanjung Selor yang bernama Tanjung Harapan. Oleh karena itu standar pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola bandara haruslah sesuai dengan standar yang mampu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode analisis IPA (Importance Performance Analisys), dalam analisis ini ada 36 atribut atau indikator yang menjadi tolak ukur dalam menentukan kepuasan penumpang terhadap pelayanan yang diberikan di terminal bandar udara tanjung harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat standar pelayanan terminal penumpang dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan terminal bandar udara. Hasil penelitian mengenai Standar pelayanan Terminal Menurut PM.nomor 178 tahun 2015 menyatakan bahwa hasil penilaian terhadap fasilitas proses keberangkatan dan kedatangan mendapat nilai 75 dengan predikat “B†(baik sekali). Metode IPA (Importance Performance Analisys) pada kepuasan penumpang terdapat 5 atribut pada kuadran I (prioritas utama), 17 atribut pada kuadran II (pertahankan prestasi), 10 atribut pada kudran III (prioritas rendah), dan 4 atribut pada kuadran IV (berlebihan).

Referensi

Anonim. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Anonim. (2020). Data Lalu Lintas Angkutan Udara Bandar Udara Tanjung Harapan. Tanjung Harapan: Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tanjung Harapan.

Barudana, E. B., & Susilo, D. (2018). Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Di Stasiun Menggunakan Metode IPA. (Studi Kasus Stasiun Madiun, Jawa Timur). Universitas Teknologi Yogyakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 SPSS (Cetakan ke). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juniawan, D. M., Wicaksono, A., & Kusumaningrum, R. (2018). Kajian Kinerja Pelayanan Sisi Darat Bandara Banyuwangi Dengan Metode IPA dan SWOT. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), 562–574. Retrieved from http://sipil.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmts/article/view/670

Shaula, E. A. (2018). Evaluasi Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Bandar Udara Ahmad Yani. Univeristas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Soehartono. (2002). Metode penelitian Sosial. Badung: Persada.

Subekti, S. (2018). Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Terminal Domestik di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 277–288. https://doi.org/https://doi.org/10.25104/warlit.v29i2.558

Suhendra, A., & Prasetyanto, D. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26760/rekaracana.v2i2.59

Sunyoto, D. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media Pressindo.

Supranto. (2001). Statistik teori dan aplikasi. Jakarta: Airlangga.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Wahyudi, J., Arifin, M. Z., & Wicaksono, A. D. (2016). Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakan. Rekayasa Sipil, 10(2), 136–145.

Diterbitkan
2020-10-29
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 815 times
PDF (English) downloaded = 3798 times