ANALISIS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) DI KECAMATAN DENPASAR SELATAN (STUDI KASUS: SDN 5 PEDUNGAN DAN SEKOLAH HARAPAN)
Abstrak
SDN 5 Pedungan dan Sekolah Harapan merupakan sekolah di Kecamatan Denpasar Selatan yang sudah memiliki fasilitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Kedua sekolah tersebut dilalui volume lalu lintas yang cukup tinggi karena banyaknya pusat bangkitan pergerakan yang berlokasi disepanjang jalan seperti pedagang, pendidikan dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas ZoSS di kedua sekolah tersebut yang dilalui volume lalu lintas cukup tinggi dibandingkan dengan sekolah lainya. Survey lapangan dilakukan dengan mencatat waktu tempuh kendaraan saat melintasi ZoSS pada jarak 100 m. Tingkat efektivitas ZoSS dianalisa dengan menggunakan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat tahun 2006, 2014, dan 2018. Hasil analisis menunjukan bawha penerapan ZoSS di Kecamatan Denpasar Selatan tidak efektif, rata-rata prosentase kendaraan patuh saat melintasi ZoSS untuk SDN 5 Pedungan adalah 42.67% yang artinya ZoSS cukup efektif dan Sekolah Harapan adalah 32.34% yang artinya ZoSS kurang efektif.
Referensi
Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.
Anonim. (2006). Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat No: SK 3263/AJ.403/DRJD Tahun 2006 tentang Uji Coba Zona Selamat Sekolah di 11 Kota di Pulau Jawa. Jakarta.
Anonim. (2014). Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat No: SK 1304/AJ.403/DRJD Tahun 2014 tentang Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Jakarta.
Anonim. (2018). Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat No. SK. 3582/AJ. 403/DRDJ/2018 tentang Pedoman Teknis Pemberian Prioritas Keselamatan dan Kenyamanan Pejalan Kaki Pada Kawasan Sekolah Melalui Penyediaan Zona Selamat Sekolah. Jakarta.
BPS. (2018). Denpasar Dalam Angka. Denpasar.
Ferryanto, I. W. (2013). Evaluasi Terhadap Efektivitas Operasional Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Universitas Udayana.
Nurhakim, Sriastuti, D. A. N., & Ardantha, I. M. (2018). Efektivitas Zona Selamat Sekolah dan Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: ZoSS SD Negeri 4 Dalung). PADURAKSA, 7(1).
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).