ANALYSIS OF FACTORS THAT AFFECT TO INFRASTRUCTURE IMPROVEMENT OF SYUKURAN AMINUDDIN AMIR AIRPORT IN BANGGAI DISTRICT
Abstrak
Bandar udara (bandara) adalah merupakan salah satu infrastruktur penting dalam bidang transportasi udara yang berfungsi menyediakan layanan penerbangan pesawat udara sehingga diperlukan adanya kesesuaian antara armada dan infrastrukturnya, dalam hal ini peningkatan infrastruktur Bandara Syukuran Aminuddin Amir (SAA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan infrastruktur Bandara SAA. Lokasi penelitian dilakukan di Bandara SAA Kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden penumpang pesawat terbang yang menggunakan bandara SAA. Analisis data menggunakan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan ada 11 faktor yang mempengaruhi peningkatan infrastruktur Bandara SSA, yaitu sosio ekonomi, kwalitas pelayanan bandara, kualitas pelayanan operator, permintaan trafik penerbangan, permintaan jasa angkutan udara, pemilihan moda transportasi udara, fasilitas ruang keberangkatan (ruang tunggu) bandara dan keputusan pembelian tiket pesawat, area parkir dan kenyamanan ruang tunggu bandara, jadwal penerbangan dan potensi hasil komoditas daerah, layanan petugas dan proses penanganan bagasi, dan aksesibilitas transportasi ke bandara.
Referensi
Adisasmita, S. A. (2012). Penerbangan dan Bandar Udara. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Anonim. (2018). Data validation and airport facilities. Luwuk.
Anwar, F. (2015). Kajian Kausalitas Permintaan Trafik Terhadap Kapasitas Bandara Berdasarkan Persepsi Pengelola Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Soekarno-Hatta). WARTA ARDHIA, 41(1), 11–18.
Cui, Q., & Kuang, H. (2013). Important influencing factors analysis of airport sustainable development capacity: the case of China. Journal of Airline and Airport Management, 3(1), 31–47.
Ferdinand, A. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kusumawati, S., Nurhadi, K., & Rini, E. F. (2017). Pengaruh perkembangan Bandara Internasional Adi Soemarmo terhadap perubahan penggunaan lahan di sekitarnya. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 7(2), 82–95. https://doi.org/10.20961/region.v7i2.11578
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2007). Marketing Research: an applied approach (3rd Europe). Harlow, UK.: Pearson Education.
Rahmiyanti, Z. A. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian perumahan pasca gempa di Kabupaten Sigi. Universitas Tadulako.
Rarasati, A. D., Mohammad, I. H., & Latief, Y. (2016). Evaluasi Kinerja Infrastruktur Transportasi Udara di Ibukota Provinsi. WARTA ARDHIA, 42(4), 185–194.
Setiani, B. (2015). Prinsip-Prinsip Manajemen Pengelolaan Bandar Udara. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 25–32.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taula, A. D., Jansen, F., & Rumayar, A. L. E. (2017). Perencanaan Pengembangan Bandar Udara Kasiguncu Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. JURNAL SIPIL STATIK, 5(5).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).