STUDI PENGGUNAAN VARIASI CAMPURAN METERIAL PLASTIK JENIS HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) PADA CAMPURAN BERASPAL UNTUK LAPIS AUS AC-WC (ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE)

  • Suprayitno Suprayitno Universitas Narotama, Surabaya, Jawa Timur
  • Sri Wiwoho Mudjanarko Universitas Narotama, Surabaya, Jawa Timur
  • Koespiadi Koespiadi Universitas Narotama, Surabaya, Jawa Timur
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Narotama, Surabaya, Jawa Timur

Abstract

Roads with flexible pavement use asphalt as a binding aggregate so that it is much in demand rather than rigid pavement. Road infrastructure requires ongoing maintenance. The use of plastic packaging cannot be separated in everyday life. HDPE is a high density polyethylene. Based on the problem of the amount of used plastic waste currently available, this research is needed to find out how well the pavement uses the use of HDPE plastic as a mixed plastic waste. After testing in the laboratory and analyzing it according to the General Specifications of the Highway for normal composition without a plastic mixture of 0%, the asphalt content that meets all the requirements is estimated at asphalt level between 5.6% - 6%. From the results of the study with 4 different compositions, it was found that the optimal asphalt content composition of HDPE plastic mix 0%, 4%, 8% and 12% that meet the VIM and Stability obtained optimal 8% HDPE plastic mixture with an optimal asphalt content of 4.45%. Jalan dengan perkerasan lentur menggunakan aspal sebagai pengikat agregat sehingga banyak diminati daripada perkerasan kaku. Infrastruktur jalan membutuhkan pemeliharaan bersifat berkelanjutan. Penggunaan kemasan plastik tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. HDPE adalah polietilena berdensitas tinggi. Berdasarkan masalah jumlah sampah plastik bekas yang ada sekarang, penelitian ini diperlukan untuk mengetahui seberapa baik perkerasan menggunakan penggunaan jenis plastik HDPE sebagai limbah plastik campuran. Setelah menguji di laboratorium dan menganalisanya sesuai dengan Spesifikasi Umum Jalan Raya untuk komposisi normal tanpa campuran plastik 0%, kadar aspal yang memenuhi semua persyaratan diperkirakan tingkat aspal antara 5.6% - 6%. Dari hasil penelitian dengan 4 komposisi berbeda diperoleh komposisi konten aspal optimal campuran plastik HDPE 0%, 4%, 8% dan 12% yang memenuhi VIM dan Stabilitas diperoleh campuran plastik HDPE 8% optimal dengan kadar aspal optimal 4.45%.

References

Anonim. (1990). Metode Pengujian Tentang Analisis Saringan Agregat Halus Dan Kasar SNI 03-1968. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Anonim. (1991). Metode Pengujian Marshall SNI 06 – (2489 – 1991). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Anonim. (2017). Spesifikasi Khusus Interim Seksi SKh-1.6.10 Campuran Beraspal Panas Menggunakan Limbah Plastik. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Mudjanarko, S. W. (2018). Plastic waste of low density polyethylene (LDPE) types in asphalt mixture. Makalah dalam Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Sukirman, S. (1992). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.

Sukirman, S. (2010). Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur. Bandung: Nova

Published
2019-12-16
Section
Articles
Abstract viewed = 2911 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 4122 times