PERENCANAAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN DARI SIMPANG JALAN GATOT SUBROTO BARAT SAMPAI SIMPANG JALAN GUNUNG SOPUTAN DENPASAR

  • I Made Yudha Permana Universitas Warmadewa
  • A. A Gede Sumanjaya Universitas Warmadewa
  • I Ketut Nudja Universitas Warmadewa

Abstract

Perencanaan Perkerasan Pada Ruas Jalan dari Simpang Jalan Gatot Subroto Barat Sampai Jalan Gunung Soputan bertujuan untuk mengetahui tebal lapis perkerasan sesuai dengan umur rencana yang di tetapkan dengan menggunakan dua macam lapis perkerasan yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku beserta rencana anggaran biaya. Dalam perencanaan perkerasan ini menggunakan metode AASHTO 1993. Untuk mendapatkan hasil perencanaan yang maksimal maka dilakukan suatu analisa untuk mendapatkan tebal masing-masing perkerasan seperti tebal pada lapisan pondasi bawah, lapisan pondasi atas dan lapisan permukaan. Hasil dari perencanaan perkerasan pada ruas jalan dari simpang Jalan Gatot Subroto Barat sampai Jalan Gunung Soputan ini dengan lapis perkerasan lentur di dapat tebal sebesar 78 cm dengan hasil rencana anggaran biaya yang di dapat Rp.29,367,915,291.00. Pada perkerasan kaku di dapat tebal sebesar 46 cm dengan hasil rencana anggaran biaya yang di dapat Rp.50,115,799,352.00.

References

Anonim. (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structures. Washington: American Association of State Highway and Transportation Officials

Anonim. (2004). Undang-undang Nomor 38 tentang Jalan Indonesia. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Anonim. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum

Hardiyatmo, H.C. (2015). Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siegfried dan Sri Atmaja P. Rosyidi, (2007), Deskripsi Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Menggunakan Metode AASHTO 1993, Http:// labtransportumy.files.wordpress.com/2007/11/web-publish-narasiAASHTO 1993.pdf, diunduh tanggal 14 November 2016.

Suryawan, A. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Yogyakarta: Beta Offset.

Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract viewed = 419 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1347 times