Pemberdayaan UMKM Kue Tradisional di Desa Taman Bali
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat di Desa Taman Bali Kabupaten Bangli ini melibatkan kelompok UMKM yaitu Warung Dedari yang lokasinya dekat dengan tempat wisata Air Terjun Dedari. Kelompok UMKM ini menyediakan kuliner khas Bali. Beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra, yaitu kebutuhan dalam hal promosi berupa konten audiovisual, perlunya pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris dalam memberikan pelayanan prima kepada konsumen khususnya turis asing yang datang ke Warung Dedari, perlunya menu dalam bentuk QR code dan hardcopy dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan perlunya pembayaran digital yaitu Qris. Metode pelaksanaan program ini adalah dengan melaksanakan pendampingan dan pelatihan Bahasa Inggris kepada para pegawai. Ada 4 (empat) program yang diajukan yaitu, pertama berupa program pendampingan pembuatan konten audiovisual berupa pengambilan video, editing, dan pengisi suara sebagai media iklan. Kedua, pelatihan dan pendampingan penggunaan bahasa Inggris dalam memberikan pelayanan prima kepada turis asing yang datang. Ketiga, pembuatan QR code dan hardcopy untuk tampilan daftar menu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Keempat, pembuatan alat pembayaran digital yaitu Qris. Tim PKM juga memberikan bantuan dekorasi untuk mempercantik tampilan Warung Dedari, sehingga terlihat lebih menarik dan rapi. Luaran yang dicapai yaitu mitra dapat memproduksi iklan promosi berupa konten audiovisual secara mandiri, dapat memberikan pelayanan prima, serta dapat memperbarui tampilan menu QR code yang telah dibuat apabila terdapat penambahan maupun pengurangan daftar menu yang disediakan.
References
Arifin, M. H., Irwansyah, Halisa, N. N., Dewi, M. S., & Histanto, M. A. D. (2022). Penerapan Manajemen Usaha dan Digital Branding Produk Kuliner Kelompok Paguyuban Wub di Kelurahan Karang Mekar Banjarmasin. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Azmi, M., Sonatha, Y., & Nurhayati. (2021). elatihan Optimalisasi Smartphone untuk UMKM sebagai Media Promosi di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, Vol.3(2).
Jefkins, F. 1996. Periklanan Edisi III. Jakarta: Erlangga.
Kasali, R. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta: Grafiti
Adli, Karmila, L., & Sa’adah, R. (2021). Pemanfaatan Instragram dan Media Online untuk Peningkatan Penjualan Produk UMKM Mas Lembu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Nurdiawati, D., Syauqi, A., & Pramudyawardhani, S. R. (2022). Pendampingan English for Tourism dan Digital Marketing bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Pandansari Kabupaten Brebes dalam Meningkatkan Wisatawan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas PHB, Vol.5(4).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1998. Nomor 32. Tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil.
Peraturan Bupati Bangli. 2020. Nomor 30. Tentang Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah Desa/ Kelurahan Banjar Jelekungkang.
Pratama, A. D. Y., Susanthi, I. G. A. A. D., & Mariyatni, N. P. S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Iklan Interaktif dalam Pembuatan Iklan Online Produk Unggulan di Kelurahan Semarapura Kaja. Linguistic Community Service Journal, Vol.2(1).
Pratama, A. D. Y. (2022). Pemberdayaan UMKM Usaha Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Cempaga Kabupaten Bangli. Linguistic Community Service Journal, Vol.3(2).
Rahayu, E., Oemiati, S., & Asmarani, R. (2022). Maksimalisasi Pelayanan Prima Melalui Pelatihan Bahasa Asing Praktis Bagi Serikat Pekerja Pariwisata Borobudur di Desa Kajoran Magelang. Jurnal Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4(2).
Salain, P. P. P., & Kinanti, N. K. P. (2022). Pelatihan Bahasa sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 di PT Ayunan Bulan International. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Semena).
Status Univ. Warmadewa Visi-Misi Tujuan dan Sarana 2020
Copyright (c) 2023 Linguistic Community Services Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)