Pemberdayaan UMKM Usaha Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Cempaga Kabupaten Bangli
Abstract
Desa Cempaga Kabupaten Bangli mempunyai beragam potensi yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan produk berupa barang ataupun jasa, seperti: anyaman, lukisan, kuliner, dan bahkan kopi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa coffee shop atau tempat makan dengan desain kekinian menjadi salah satu usaha yang cukup diminati oleh masyarakat, termasuk 2 (dua) UMKM mitra yang terlibat, yaitu Dijumah Cafe & Art Space dan Warung Soka. Beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra di antaranya adalah kurangnya konten promosi yang menarik dan efektif serta kurangnya pelatihan kemampuan Bahasa Inggris dalam pembuatan iklan, menu makanan, maupun memberikan pelayanan kepada tamu asing. Jenis kegiatan yang dilakukan untuk membantu mitra adalah memberikan pendampingan pembuatan iklan audiovisual serta pengunggahan konten audiovisual pada media sosial masing-masing pelaku UMKM; dan pelatihan bahasa Inggris. Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah untuk membantu para mitra meningkatkan kualitas promosi melalui konten audiovisual serta meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris para staf. Hasil dari kegiatan ini adalah tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya promosi produk di media sosial, menurunnya angka komplain, meningkatnya angka pengunjung, serta munculnya kesadaran dan keinginan dalam pengembangan bisnis dengan promosi melalui media sosial.
References
Abdika, B. (2014). Analisis Formulasi Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran UMKM Dengan Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT Dan AHP (Studi Kasus Pada UMKM Penghasil Kerajinan Sulam Usus Aan Ibrahim). Skripsi.. Retrieved from http://d. Universitas Lampung.
Alfian, M. (2013). Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding The 5 thn ICSSIS; Ethnicity and Globalization, di pada tanggal 13-14 Juni 2013.
Bangli., P. B. (2020). Nomor 30. Tentang Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah Desa/. Kelurahan Cempaga.
Fahrudin, A. (2012). Pemberdayaan, Parisipasi, dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Humaniora.
Mulyawan, R. (2012). Masyarakat, wilayah dan pembangunan. In UNPAD Press. UNPAD Press.
Poerwoko., T. dan. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Prespektif Kebijakan Publik. Alfabeta.
Prasetyo, P. E. (2020). The Role of Government Expenditure and Investment for MSME Growth: Empirical Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 471–80.
Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Penerbit Erlangga.
Tumanggor, R. (2007). Pemberdayaan Kearifan Terpencil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 12(01), 1–17.
Zeb, Arooj, and A. I. (n.d.). Innovation and the Entrepreneurial Performance in Women-Owned Small and Medium-Sized Enterprises in Women’s Studies International Forum 79 (January).
Copyright (c) 2022 Linguistic Community Services Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)