Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Siswa SMK Puri Wisata Pancasari dalam Pelatihan English For Tour Guide di Desa Sukasada, Buleleng
Abstract
Pancasari adalah desa di kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali, Indonesia. Desa ini terletak 850 meter dari permukaan laut. Desa ini memiliki berbagai objek wisata yang berkembang yaitu diantaranya danau Buyan, danau Beratan, wisata petik strawberry, camping. Tujuan untuk membantu para pelaku wisata di sekitar desa Pancasari, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, yang belum pernah mendapatkan pelatihan bahasa Inggris Tour Guide dan mempromosikan objek wisata di Desa Pancasari secara online ataupu n offline. Metode wawancara mendalam (in depth interview) kepada pihak yang terlibat guna memperoleh data kualitatif. dan lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ketika pemerintah menerapkan New Normal, roda perekonomian kembali berputar, pemandu wisata atau yang lebih dikenal dengan tour guide masih minim dan terbatas. Padahal kualitas SDM dalam hal tour guiding di desa tersebut berpotensi tinggi untuk dapat menjadi SDM yang unggul sehingga dapat mendatangkan income. Salah satu SDM yang berpotensi adalah para siswa SMK Puri Wisata Pancasari. Kehadiran siswa SMK Puri Wisata Pancasari mampu menjadi bantuan bagi para pelaku wisata untuk mempromosikan usaha wisatanya sehingga dapat menarik minat wisatawan kembali berkunjung. Sesuai dengan pemaparan di atas, PKM ini dilakukan dengan Memberikan pelatihan Bahasa Inggris selama kali dalam waktu tiga bulan, yaitu Februari-April. Masing-masing pertemuan berlangsung selama 90 menit. Pelatihan direncanakan sekali dalam seminggu. Kegiatan ini menggu-nakan metode blended learning. Dengan demikian program ini dapat menghasilkan bibit-bibit tour guide yang handal untuk memajukan sektor pariwisata.
References
Creswell, J. W. (2017). Research Design. Universitas of Nebraska. Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris dalam Industri Pariwisata. Journey, 2(1), 71–82.
Cynthia, A. R., & Cahyana, A. (2014). Efektivitas Metode Communicative Language Teaching (CLT) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Peserta Kursus di PQEC Institute. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 1–46.
Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris dalam Industri Pariwisata. Journey, 2(1), 71–82.
Dian Susanthi, I. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguist. Community Serv. J, 1(2), 64–70.
Febriani Jayadi, M., & Suryawan, I. B. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Pantai Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(1), 1–17.
Kertiasih, N. N., Kardana, I. N., Warmadewi, A. A. I. M., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya kepada Sekaa Teruna-Teruni Desa Tenganan Dauh Tukad. Jurnal Abdidas, 2(2), 273–279.
Liputan6.com. (2021). Dibuka Sejak 14 Oktober 2021, Penerbangan Internasional ke Bali Masih Nihil. Liputan6.Com.
Mahayana, I. M. A., Susanthi, I. G. A. A. D., Yamawati, N. K. S., Budiarta, I. W., & Mardika, I. N. (2021). Pemasaran Produk Berbasis Online bagi Pengusaha Ritel Mandiri di Desa Pancasari, Buleleng. Linguistic Community Services Journal, 2(2), 66–73.
Nugraeni, & Setyawan, A. H. (2018). Pelatihan Tour Guide Pkm Wisata Mangrove Menyambut New Yogyakarta International Airport. PROSIDING SEMINAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SENADIMAS), 28–33.
Nurlaela, Suhendar, E., Tiara, & Oktaviani, A. (2019). Pengembangan Jiwa Entrepreneur Bagi Generasi. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 02(01), 52–55.
Soedarso, Nurif, M. W. (2014). Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam dengan Pendekatan Marketing. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 136–149.
Sujaya, N. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide di Kelurahan Semarapura Kaja dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Terintegrasi. Linguistic Community Services Journal, 2(1), 30–37.
Sukma, M. M., & Rochmawati, L. (2018). Analisa untuk Meningkatkan Speaking Skill melalui Metode Guided Conversation dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 3(1), 38–41.
Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya. Jurnal Abdidas, 2(4), 725–1020.
Wright, A., Betteridge, D., & Buckby, M. (2006). Games for Language Learning (3rd Editio). Cambridge University Press.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.
Copyright (c) 2022 Linguistic Community Services Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)