PKM Pemberdayaan UMKM Anyaman Sokasi Desa Kawan Bangli

  • I Nyoman Kardana Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ngurah Adi Rajistha
  • Ni Made Rai Juniariani

Abstract

Desa Kawan, yang terletak di Kabupaten Bangli, memiliki beberapa UMKM yang memproduksi kerajinan tangan tradisional khas Bali, terutama anyaman sokasi. Meskipun berperan penting dalam pelestarian budaya lokal, UMKM Anyaman Sokasi Tradisional menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman mengenai bahasa iklan untuk promosi dan pelabelan produk, keterbatasan inovasi motif, serta belum adanya sistem pembukuan keuangan yang memadai. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan bahasa iklan untuk pembuatan konten promosi audiovisual dan labeling produk sebagai upaya branding. Selain itu, diberikan bantuan bahan seperti bambu dan cat pewarna untuk memfasilitasi inovasi motif anyaman. Pendampingan pencatatan arus kas juga dilakukan untuk memantau pengeluaran dan pemasukan usaha. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mitra mampu mempromosikan produknya dengan lebih efektif melalui penggunaan bahasa iklan yang tepat, yang berdampak pada peningkatan penjualan melalui media sosial. Labeling produk membantu branding dan memperluas pasar, sementara pencatatan arus kas mempermudah mitra dalam mengelola keuangan usahanya.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed). CA: Sage.

Devita, & Putra. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Akmami, 2(2), 205. https://ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/viewFile/154/168

Fraenkel, J.R & Wallen, N. E. (n.d.). How to Design and Evaluate Research in Education (7th ed). McGraw-hill.

Hanafiah, R. (2019). Penguatan Promosi Produk Umkm Melalui Penggunaan Bahasa Yang Komunikatif: Studi Kasus Umkm Olly Cookies Dan Rendang Yugo. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 258–263. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4127

Irrubai, M. L. (2015). STRATEGI LABELING, PACKAGING DAN MARKETING PRODUK HASIL INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MONJOK KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT. SOCIETY, 6(1 SE-Articles), 15–30. https://doi.org/10.20414/society.v6i1.1462

Jefkins, F. (1997). Advertising. 4th ed. London: Financial Times/Prentice Hall.

Kasali, R. (1995). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Knowles, M. S. (1980). The modern practice of adult education: From pedagogy to andragogy. NJ: Cambridge Adult Education.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations. Free Press.

Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan Kualitas Produk Dan Layanan Umkm Untuk Meningkatkan Daya Saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383.

Published
2024-09-25
Section
Articles
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 5 times