PKM Pemberdayaan UMKM Jajan Tradisional di Kelurahan Kawan Bangli
Abstract
Di Bali, khususnya di Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli, terdapat banyak UMKM yang memproduksi jajanan tradisional. Masyarakat di Kelurahan Kawan berperan besar dalam memproduksi dan melestarikan jajanan tradisional Bali, salah satunya adalah Kelompok Usaha Kawan. Namun, kelompok usaha ini memiliki beberapa permasalahan, seperti kurangnya branding produk melalui pembuatan logo produk, kemasan, promosi media sosial dengan bahasa iklan yang menarik, dan keterbatasan peralatan sehingga kelompok ini tidak bisa berkembang dalam hal pangsa pasar dan varian produk. Terdapat beberapa metode yang dilakukan oleh tim PKM untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu melakukan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan bahasa iklan dengan membuat konten dalam bentuk foto dan video, pencatatan arus kas keuangan, dan program bantuan peralatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peningkatan penjualan yang dihasilkan oleh mitra melalui perluasan pasar dengan menggunakan media sosial sebagai ajang branding dan promosi melalui konten-konten yang menarik. Selain itu, mitra juga mengalami perubahan dalam mengelola keuangan pribadi dan keuangan dalam usahanya sebagai hasil dari adanya pelatihan pencatatan arus kas.
References
Amalia, Andien Putri & Siti Ning Farida. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Aneka Dodolan Kauman Di Kota Blitar. 2023 Jul. 22. 2(3):107-14. Available from: https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/180
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi Negeri
Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. 2012. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga
Kristin M. A., Nugraeni. Pelatihan Penyusunan Laporan Kas Sederhana Kepada Umkm Toko Sembako. 2023 Jun. 3; 1(3): 571-576. Available from: https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/download/127/74/312
Nugroho, Thallita Affifah & Farah Citra Azzahra. 2022. Pemanfaaran Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.do. Jurnal Pustaka Komunikasi. 5(1): 136-149. Available from: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1883/898.
Novita, Diana & Nafisah Yuliani. 2021. Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online Bagi UMKM. Forum Ilmiah. 18(1): 55-62. Available from: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/3995.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1998. Nomor 32. Tentang Pembinaan dan Pengembangan dan Usaha Kecil.
Riyantini, Rini & Devi Suprasti. 2020. Karakteristik, Kemampuan Berbahasa Inggris dan Penggunaan Media Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Wisata. Jurnal Pustaka Komunikasi. 3(1): 13-23. Available from: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/948.
Zanra, S. W. 2023. Usaha Peningkatan Produksi Dan Diversifikasi Produk Pada Kinoy Cake and Cookies Pekanbaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia. 2(3): 146-151. Available from: https://doi.org/10.59025/js.v2i3.90
Copyright (c) 2024 Linguistic Community Services Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)