PKM Pemberdayaan UMKM Jajan Tradisional di Kelurahan Kawan Bangli

  • Agus Darma Yoga Pratama Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ayu Agung Dian Susanthi
  • Ni Made Rai Juniariani

Abstract

Di Bali, khususnya di Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli, terdapat banyak UMKM yang memproduksi jajanan tradisional. Masyarakat di Kelurahan Kawan berperan besar dalam memproduksi dan melestarikan jajanan tradisional Bali, salah satunya adalah Kelompok Usaha Kawan. Namun, kelompok usaha ini memiliki beberapa permasalahan, seperti kurangnya branding produk melalui pembuatan logo produk, kemasan, promosi media sosial dengan bahasa iklan yang menarik, dan keterbatasan peralatan sehingga kelompok ini tidak bisa berkembang dalam hal pangsa pasar dan varian produk. Terdapat beberapa metode yang dilakukan oleh tim PKM untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu melakukan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan bahasa iklan dengan membuat konten dalam bentuk foto dan video, pencatatan arus kas keuangan, dan program bantuan peralatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peningkatan penjualan yang dihasilkan oleh mitra melalui perluasan pasar dengan menggunakan media sosial sebagai ajang branding dan promosi melalui konten-konten yang menarik. Selain itu, mitra juga mengalami perubahan dalam mengelola keuangan pribadi dan keuangan dalam usahanya sebagai hasil dari adanya pelatihan pencatatan arus kas.

References

Amalia, Andien Putri & Siti Ning Farida. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Aneka Dodolan Kauman Di Kota Blitar. 2023 Jul. 22. 2(3):107-14. Available from: https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/180

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi Negeri

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. 2012. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kristin M. A., Nugraeni. Pelatihan Penyusunan Laporan Kas Sederhana Kepada Umkm Toko Sembako. 2023 Jun. 3; 1(3): 571-576. Available from: https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/download/127/74/312

Nugroho, Thallita Affifah & Farah Citra Azzahra. 2022. Pemanfaaran Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.do. Jurnal Pustaka Komunikasi. 5(1): 136-149. Available from: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1883/898.

Novita, Diana & Nafisah Yuliani. 2021. Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online Bagi UMKM. Forum Ilmiah. 18(1): 55-62. Available from: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/3995.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1998. Nomor 32. Tentang Pembinaan dan Pengembangan dan Usaha Kecil.

Riyantini, Rini & Devi Suprasti. 2020. Karakteristik, Kemampuan Berbahasa Inggris dan Penggunaan Media Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Wisata. Jurnal Pustaka Komunikasi. 3(1): 13-23. Available from: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/948.

Zanra, S. W. 2023. Usaha Peningkatan Produksi Dan Diversifikasi Produk Pada Kinoy Cake and Cookies Pekanbaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia. 2(3): 146-151. Available from: https://doi.org/10.59025/js.v2i3.90

Published
2024-09-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 2 times