Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Melalui Media Sosial dan Sustainability Report
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengungkapan sukarela tanggung jawab sosial perusahaan oleh perusahaan Indonesia di media sosial dan untuk membandingkannya dengan pengungkapan sustainability report. Penulis menggunakan perusahaan publik Indonesia yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI sebagai sampel. Selanjutnya, dengan menggunakan perangkat lunak NVIVO, penulis menganalisis secara kualitatif kegiatan CSR yang diungkapkan di media sosial perusahaan dan sustainability report dengan pendekatan interpretatif. Temuan – Temuan menunjukkan bahwa perusahaan Indonesia masih menunjukkan tahap awal pengungkapan CSR sukarela berbasis media sosial. Selanjutnya, isu tentang pelatihan, pendidikan dan pengembangan keterampilan mendominasi pengungkapan perusahaan. Akhirnya, perusahaan Indonesia mengungkapkan lebih sedikit informasi CSR di media sosial mereka daripada di sustainability report. Pengungkapan CSR berbasis media sosial di negara berkembang relatif kurang dipelajari. Dengan demikian, tulisan ini secara empiris menunjukkan topik dan intensitas pengungkapan CSR di media sosial dan perbandingan antara jenis pengungkapan CSR ini dengan pengungkapan CSR menggunakan media lain.
References
N. T. Cuong dan D. T. Ly, “Measuring and assessing the quality of iformation on the annual reports?: The Case of seafood ’ s companies Listed on the Vietnam stock market,” Int. Res. J. Financ. Econ., no. 160, hal. 26–40, 2017.
E. Blankespoor, G. S. Miller, dan H. D. White, “The role of dissemination in market liquidity: Evidence from firms’ use of TwitterTM,” Account. Rev., vol. 89, no. 1, hal. 79–112, 2014, doi: 10.2308/accr-50576.
K. Akmese, H., Aras, S. Akmese, “Kinerja keuangan dan media sosial: penelitian tentang perusahaan pariwisata yang dikutip di bursa saham Istanbul (BIST)”, Konferensi Global ke-3 tentang Bisnis, Ekonomi, Manajemen dan Tourism Procedia Economics and Finance 39 in Rome, Italy, Elsevier, Ams,” hal. 705–710, 2016.
H. Akmese, S. Aras, dan K. Akmese, “Financial Performance and Social Media: A Research on Tourism Enterprises Quoted in Istanbul Stock Exchange (BIST),” Procedia Econ. Financ., vol. 39, no. November 2015, hal. 705–710, 2016, doi: 10.1016/s2212-5671(16)30281-7.
S. Fontana, E. D’Amico, D. Coluccia, dan S. Solimene, “Does environmental performance affect companies’ environmental disclosure?,” Meas. Bus. Excell., vol. 19, no. 3, hal. 42–57, 2015, doi: 10.1108/MBE-04-2015-0019.
H. Darus, F., Mad, S. dan Yusoff, “‘Pentingnya pemantauan kepemilikan dan sumber daya perusahaan pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) lembaga keuangan’, Konferensi Internasional tentang Tata Kelola & Manajemen Strategis (ICGSM) Procedia – Ilmu Sosial dan Perilaku 145 di Manchester, ,” hal. 173–180, 2014.
H. Zheng, L., Balsara, N. dan Huang, “Tekanan regulasi, pemegang blok, dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di Tiongkok,” J. Tanggung Jawab Sos., vol. 10, no. 2, hal. 226–245, 2014.
G. O’Donovan, “Environmental disclosures in the annual report: Extending the applicability and predictive power of legitimacy theory,” Accounting, Audit. Account. J., vol. 15, no. 3, hal. 344–371, 2002, doi: 10.1108/09513570210435870.
M. A. Omran dan D. Ramdhony, “Theoretical Perspectives on Corporate Social Responsibility Disclosure: A Critical Review,” Int. J. Account. Financ. Report., vol. 5, no. 2, hal. 38, 2015, doi: 10.5296/ijafr.v5i2.8035.
J. Bebbington, J. Brown, dan B. Frame, “Theorizing engagement: the potential of a critical dialogic approach,” Accounting, Audit. Account. J., vol. 20, no. 3, 2007.
C. Deegan, “Introduction: The legitimising effect of social and environmental disclosures – a theoretical foundation,” Accounting, Audit. Account. J., vol. 15, no. 3, hal. 282–311, 2002, doi: 10.1108/09513570210435852.
R. Gray, R. Kouhy, dan S. Lavers, “Constructing a research database of social and environmental reporting by UK companies,” Accounting, Audit. Account. J., vol. 8, no. 2, hal. 78–101, 1995.
D. Snider, J., Hill, RP dan Martin, “Tanggung jawab sosial perusahaan di abad ke-21: pandangan dari perusahaan paling sukses di dunia,” J. Etika Bisnis, vol. 48, no. 2, hal. 75–187, 2003.
M. B. Sulaiman, N. Nazli Nik Ahmad, dan N. Alwi, “Management accounting practices in selected Asian countries: A review of the literature,” Manag. Audit. J., vol. 19, no. 4, hal. 493–508, 2004, doi: 10.1108/02686900410530501.
M. Z. A. Rashid dan S. Ibrahim, “Executive and management attitudes towards corporate social responsibility in Malaysia,” Corp. Gov. Int. J. Bus. Soc., vol. 2, no. 4, hal. 10–16, 2002, doi: 10.1108/14720700210447641.
Z. Thompson, P. dan Zakaria, “Pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan di Malaysia,” J. Kewarganegaraan Perusah., vol. 13, hal. 125–136, 2004.
H. G. Djajadikerta dan T. Trireksani, “Corporate social and environmental disclosure by Indonesian listed companies on their corporate web sites,” J. Appl. Account. Res., vol. 13, no. 1, hal. 21–36, 2012, doi: 10.1108/09675421211231899.
J. Gunawan, “Persepsi informasi penting dalam pengungkapan sosial perusahaan: bukti dari Indonesia,” J. Tanggung Jawab Sos., vol. 6, no. 1, hal. 62–71, 2010.
M. Alkababji, “Pengungkapan sukarela tentang tanggung jawab sosial perusahaan: studi tentang laporan tahunan perusahaan Palestina,” J. Akuntansi, Audit. dan Ris. Keuang. Eropa, vol. 2, no. 4, 2014.
H. Anas, A., Rashid, HMA and Annuar, “Pengaruh penghargaan terhadap pengungkapan CSR di tahun laporan PLC Malaysia,” J. Tanggung Jawab Sos., vol. 11, no. 4, hal. 831–852, 2015.
E. Esa dan A. R. Zahari, “Corporate Social Responsibility: Ownership Structures, Board Characteristics & the Mediating Role of Board Compensation,” Procedia Econ. Financ., vol. 35, no. 16, hal. 35–43, 2016, doi: 10.1016/s2212-5671(16)00007-1.
F. Hassan, I. dan Batool, “Pengungkapan CSR sukarela di situs web perusahaan: bukti empiris dari Pakistan,” Int. J. Learn. Intellect. Cap., vol. 13, no. 4, hal. 289–301, 2016.
M. Kuhn, AL, Stiglbauer, M. dan Fifka, “Isi dan penentu pelaporan situs web tanggung jawab sosial perusahaan di Afrika sub-Sahara: studi tujuh negara,” Bisnis Masy., vol. 57, no. 3, hal. 437–480, 2018.
L. S. O. Wanderley, R. Lucian, F. Farache, dan J. M. De Sousa Filho, “CSR information disclosure on the web: A context-based approach analysing the influence of country of origin and industry sector,” J. Bus. Ethics, vol. 82, no. 2, hal. 369–378, 2008, doi: 10.1007/s10551-008-9892-z.
Kominfo, “Kominfo: pengguna internet di Indonesia 63 juta orang,” 2013.
P. L. Ho dan G. Taylor, “Corporate governance and different types of voluntary disclosure: Evidence from Malaysian listed firms,” Pacific Account. Rev., vol. 25, no. 1, hal. 4–29, 2013, doi: 10.1108/01140581311318940.
D. Zeghal dan S. A. Ahmed, “Comparison of Social Responsibility Information Disclosure Media Used by Canadian Firms,” Accounting, Auditing & Accountability Journal, vol. 3, no. 1. hal. 38–53, 1990. doi: 10.1108/09513579010136343.
M. Zhong dan L. Gao, “Does corporate social responsibility disclosure improve firm investment efficiency? Evidence from China,” Rev. Account. Financ., vol. 16, no. 3, hal. 348–365, 2017, doi: 10.1108/RAF-06-2016-0095.
Z. Zainal, “Case study as a research method,” J. Kemanus., vol. 9, 2007, [Daring]. Tersedia pada: https://www.indianjournals.com/ijor.aspx?target=ijor:ijidt&volume=1&issue=1&article=007
E. Kihn, LA dan Ihantola, “Pendekatan untuk validasi dan evaluasi dalam studi kualitatif akuntansi manajemen,” Penelit. Kualitatif dalam Akunt. dan Manaj., vol. 12, no. 3, hal. 230–255, 2015.
Statista, “Daily reach of leading social networks and mobile messenger apps in Indonesia as of January 2016,” 2016. www.statista.com/statistics/496944/daily-active-users-of-leading social-networks- indonesia/ (diakses 27 Maret 2023).
X. Tong, “A Comparative Review on Company-Specific Determinants for Sustainability Report in United Kingdom (UK) and Malaysia,” The 4th International Conference on Governance and Accountability (ICGA) SHS Web of Conferences 36 in Melaka, Malaysia , 2016, Ilmu EDP, Les Ulis, 25-27 September 2016, 2017.
Pwc, “Indonesian infrastructure: stable foundations for growth,” 2016.
D. Angriani, “Perusahaan BUMN salurkan CSR Rp9,2 miliar di Bengkulu,” 2017.
K. Jayathilakan, K. Sultana, K. Radhakrishna, dan A. Bawa, “Pemanfaatan produk sampingan dan bahan limbah dari industri pengolahan daging, unggas, dan ikan: review hlm..,” J. Food Sci. Technol., vol. Vol. 49 No, hal. 278–293, 2011.
B. Asmussen, S. Harridge-March, N. Occhiocupo, dan J. Farquhar, “The multi-layered nature of the internet-based democratization of brand management,” J. Bus. Res., vol. 66, no. 9, hal. 1473–1483, 2013, doi: 10.1016/j.jbusres.2012.09.010.
I. Abeysekera, “Motivasi di balik pengungkapan modal manusia dalam laporan tahunan,” Akunt. Forum, vol. 32 No. 1, hal. 1–13, 2008.
E. Mirfazli, “Corporate social responsibility (CSR) pengungkapan informasi melalui laporan tahunan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI),” Int. J. Islam. Middle East. Financ. Manag., vol. Vol. 1 No., hal. 275–284, 2008.
S. Mishra dan N. Siddiqui, “Sebuah tinjauan tentang dampak lingkungan dan kesehatan dari emisi manufaktur semen,” J. Int. Geol. Pertan. dan Ilmu Lingkung., vol. Vol. 2 No., hal. 26–31, 2014.
A. Sharma dan A. Jain, ““Corporate social responsibility in cement industry: a study with special reference to selected unit in Rajasthan,” J. Mod. Manag. Entrep., vol. Vol. 7 No., hal. 240–244, 2017.
Amiruddin, “PT Semen Indonesia latih 125 warga,” 2017.
L. Dagiliene dan V. Mykolaitiene, ““Pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan kinerja tahunan universitas,” Konf. Ilm. Int. ke-20 Prosedia Ekon. dan Manaj. Ilmu Sos. dan Perilaku 213 di Kaunas, Lith. Elsevier, Amsterdam, hal. 586–592, 2015.
A. Sharma dan R. Kiran, “Inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan dari perusahaan besar India dengan fokus pada kesehatan, pendidikan, dan lingkungan,” J. Afrika Ilmu Dasar Terap., vol. Vol. 4 No., hal. 95–105, 2012.
Z.-Y. Zhao, X. Zhao, J. Zuo, dan G. Zillante, “Tanggung jawab sosial perusahaan untuk kontraktor konstruksi: studi China,” J. Eng., vol. Vol. 14 No, hal. 614–640, 2016.
A. Hamidu, H. Haron, dan A. Amran, “Tanggung jawab sosial perusahaan: tinjauan definisi, karakteristik inti dan perspektif teoretis,” J. Ilmu Sos. Mediterania, vol. Vol. 6 No., hal. 83–95, 2015.
A. Kuznetsov, O. Kuznetsova, dan R. Warren, “CSR dan legitimasi bisnis dalam ekonomi transisi: kasus Rusia,” J. Manaj. Skand., vol. Vol. 25 No, hal. 37–45, 2009.