Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Word Of Mouth, Melalui Kepuasan Orang Tua Sebagai Variable Intervening Pada Lembaga Kursus Gambar Funart Studio Di Kota Semarang
Abstract
This research aimed to analyze the influence of service quality and price on word of mouth, with customer satisfaction acting as the intervening variable, at FunArt Studio in Semarang. Data for this study were obtained through the distribution of questionnaires, resulting in a sample size of 68 respondents. The data were analyzed using path analysis and the Sobel test with SPSS 25.0. The findings of this study concluded that (1) service quality has a significant direct and indirect impact on word of mouth through customer satisfaction, (2) price has a significant direct and indirect impact on word of mouth through customer satisfaction, and (3) customer satisfaction has a significant impact on word of mouth..
References
Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 11–24.
Dharmawan, Eggy. Hidayat, Imam. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan brand image terhadap word of mouth (WOM) yang dimediasi kepuasan Konsumen.
Hardi, Agung., Eddy Supriyadinata Gorda, (2017). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan terhadap word of mouth dengan kepuasan konsumen dan Loyalitas pelanggan sebagai variable intervening.
Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut,Yogyakarta: Media Pressindo.
Hidayati, Mustikaningrum, 2018. Kepuasan Mahasiswa Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Komunikasi word of mouth (WOM).
Jatmiko, Hylman., Nur Wicaksana. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Wom Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip., K. L. (2006). Marketing Management An Asian Perspective. New York: Pearson.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gery Amstrong.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta :Erlangga.
Litvin, S. ., Goldsmith, R. ., & Pan, B. (2008). Electronic Word-of-Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management, 458–468.
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ranaweera, Chatura; Jhaideep Prabhu, 2003, On The Relative Importance of Customer Satisfaction and Trust asDeterminatns of Customer Retention and Positive Word of Mouth, Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing, 12, 1; ABI/INFORM Global pg. 82
Ratnasari, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Yang Berdampak Pada Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Value Journal Of Management And Business, 1(1), 51–63. Www.Ptsonline.Co.Id.
Satmoko, Taufik Dwi., Handojo Joko, Ngatno. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Word Of Mouth, Melalui Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Star Clean Car Wash Semarang.
Setyowati, Erni. Wiyadi. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi.
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, (2008), Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogjakarta: Andi.
Wijaya, Nyoman Surya., Syahnur Said, Nengah Landra (2016). . Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Harga (Biaya Pendidikan) terhadap word of mouth melalui kepuasan Mahasiswa sebagai variable intervening (Stdui pada sekolah LPK Perhotelan Bali.
Wijaya, Marini., Tin Agustina Karnawati., Yunus Handoko (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lembaga Belajar Dipa Learning Center Di Kota Malang.