PENGARUH SANKSI, PELAYANAN FISKUS, SOSIALISASI, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WPOP

  • Desak Ayu Sriary Bhegawati Mahasaraswati university denpasar
  • Anik Yuesti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Agung Janur Ratna Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Taxpayer compliance is a form of obedience that is done to comply with existing tax provisions and or regulations, but must be implemented in fulfilling its tax obligations. In the self-assessment system taxpayers have the freedom to calculate, deposit, self-report their tax obligations. Factors that affect taxpayer compliance include sanctions, fissure services, socialization, and tax awareness. This research is intended to comply with whether sanctions, fissure services, tax socialization, and awareness have an effect on the compliance of Private Taxpayers in KPP Pratama Denpasar Timur. The method of determining the pattern used in this test is unintentional sampling with a pattern quantity of a hundred obtained primarily based on the components Slovin. The information analysis technique used on this have a look at is a more than one linear regression analysis preceded via a classical assumption check. based on the outcomes of the evaluation executed, it modified into concluded that sanctions, fissure offerings, and tax awareness have a top notch impact at the compliance of private taxpayers at the same time as tax socialization has no vast impact at the compliance of personal taxpayers.

References

Andini, Y. I. A. A., Yuesti, A., & Bhegawati, S. A. D. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Bangli. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 391–397.

Anggreni, I. A. N. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Desa Abiansemal Pada MasaCovid’19. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 400–505.

Ariyanto, D. Adnyani, G.W. Putri, I. G. A. P. (2020). Influence of justice, culture and love of money towards ethical perception on tax evasion with gender as moderating variable. Journal of Money Laundering Control, 23(1), 245–266. https://doi.org/10.1108/JMLC-06-2019-0047.

Dewi, D. T. (2018). Pengaruh Kesadarana, Tingkat Pendidikan, Dan Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Gianyar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Heriyanto dan Tolly. (2013). Perpajakan di Indonesia. (1st ed.). Salemba Empat.

Herryanto, M., & Toly, A. A. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kegiatan sosialisasi perpajakan, dan pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax and Accounting Review, 1(1), 125–133.

Jannah, N. (2017). Pengaruh Kebermanfaatan NPWP, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Waiib Pajak (Studi pada WP yang terdaftar di KPP Pratama Boyolali). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Jotopurnomo, Cindy., dan Mangoting, Y. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus , sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(51).

Kundalini, P. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Pegawai Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Temanggung Tahun 2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusuma, K. C. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Tahun 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsulta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kecamatan Gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1), 253–266.

Lianty, R.A, M. (2018). Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Universitas Telkom Bandung.

Lubis, R. H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Medan Belawan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 31–41.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Edisi Revisi 2011. ANDI.

Megawangi & Setiawan, P. E. (1017). Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Esa Unggul, 19(3), 2348–2377.

Nurazizah. (2017). Pengaruh Pengetahuan Pajak. Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi di Pasaman Barat (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bukittinggi Wilayah Kerja Pasaman Barat). (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Pranadata, I. G. P. (2014). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Pelaksanaan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Batu. Universitas Brawijaya.

Sadhani, N. W. Y. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Tentang Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Perpajakan terhadap Pelaksanaan Program Tax Amnesty Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Batubulan. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(3), 932–942.

Sakti, I. M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Pelayanan Pegawai Pajak, Dan Kesadaran Wajib PajakTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak KPP Pratama Denpasar Timur. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Siregar, D. L. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 1(2), 119–128. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i2.196

Wati, N. N. M. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kota Tabanan. Jurnal Kharisma, 3(3), 349–358.

Wijaya, M. I., Lestari, R., & Nurleli, N. (2020). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Kinerja Manajerial. Prosiding Akuntansi, 191–194.

Winerungan, O. L. (2012). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop Di KPP Manado Dan Kpp Bitung. Jurnal EMBA, 1(3), 960–970.

Yanti, K. E. M., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh NJOP, Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan SPPT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Di Kecamatan Denpasar Utara. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), 242–252.

Published
2023-07-05
How to Cite
Sriary Bhegawati, D. A., Yuesti, A., & Sari , I. G. A. A. J. R. (2023). PENGARUH SANKSI, PELAYANAN FISKUS, SOSIALISASI, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WPOP. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 15(1), 116-126. https://doi.org/10.22225/kr.15.1.2023.116-126
Abstract viewed = 216 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 249 times