PERAN KARAKTER AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati
  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati
Keywords: Audit report lag, ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, kualitas audit, opini audit, audit

Abstract

Pemakai laporan keuangan mengandalkan jasa Kantor Akuntan Publik dalam menilai keandalan laporan keuangan suatu perusahaan karena tidak mungkin pemakai melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan di setiap perusahaan. Kantor Akuntan Publik adalah suatu usaha jasa yang diyakini mempunyai kemampuan dalam menjembatani kepentingan perusahaan dengan stakeholder. Kepercayaan tersebut menuntut auditor untuk dapat melakukan audit yang bebas dan tidak memihak agar menghasilkan kualitas audit yang baik. Akibat adanya research gap dari peneliti terdahulu maka penelitian ini menggunakan variabel moderasi berupa etika auditor. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kompetensi dan independensi seorang auditor terhadap kualitas auditnya dengan etika auditor sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bali yaitu 13 Kantor Akuntan Publik dengan sampel 93 responden dengan kriteria responden adalah berpengalaman kerja minimal satu tahun. Kuesioner yang digunakan dalam analisis data berjumlah 41 kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) kompetensi seorang auditor mampu berperan meningkatkan kualitas audit. (2) independensi seorang auditor tidak berperan dalam meningkatkan kualitas audit. (3) etika auditor tidak dapat memoderasi hubungan kompetensi auditor dan kualitas audit. (4) etika auditor juga tidak dapat memoderasi hubungan antara independensi auditor dan kualitas audit.

References

Abdelmoula, L. (2020). Impact of auditor’s competence, independence and reputation on the jointaudit quality: The Tunisian context. Academy of Accounting and Financial Studies Journal.

Dewa, I., Pratiwi, A. D., Nyoman, N., Suryandari, A., Anak, D., Putu, A., Bagus, G., & Susandya, A. (2019). Peran Independensi, Tekanan Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. In Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Dewana, G. A. (2015). Pengaruh independensi, kompetensi, fee audit terhadap kualitas audit dengan etika audit sebagai variabel moderating. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Ekonomi.

Dokman, D. M. S. E. B. S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia. https://doi.org/10.31629/jiafi.v3i2.2201

Farida, I., Halim, A., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Due Professional Care, dan Etika terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi Unikama.

IAPI. (2020). Directory 2020 (Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik). Journal of Chemical Information and Modeling.

Jensen, N., & Meckling, W. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs, and capital structure. Journal of Financial Economics.

Mutiara, I. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL RISET AKUNTANSI JAMBI. https://doi.org/10.35141/jraj.v1i2.60

Nurjanah, I. B., & Kartika, A. (2016). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Etika, Pengalaman Auditor, Skeptisme Profesional Auditor, Objektifitas dan Integritas Terhadap Kualitas Audit. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan.

Wardhani, A. A. I. T. W., & Astika, I. B. P. (2018). Pengaruh Kompetensi, Akuntabilitas dan Independensi pada Kualitas Audit dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v23.i01.p02

Wardhatul, A., In, K., & Asyik, N. F. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. In Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA).

Published
2021-08-02
How to Cite
Suryandari, N. N. A., & Endiana, I. D. M. (2021). PERAN KARAKTER AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT . KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 113-121. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/3744
Abstract viewed = 2078 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 2244 times

Most read articles by the same author(s)