PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DI KOTA DENPASAR

  • Ni Putu Riasning Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • Luh Kade Datrini Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • I Made Wianto Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali

Abstract

Abstract The research is aimed at: 1).testing the effect of ntellectual Quotient, Emotional Quotient and Spiritual Quotient, on ethichal attitudes of university accounting student simultaneously or partially at Denpasar; 2). Testing variable that has dominant effectt. The type research is explanatory research. Analysis method to test the hypothesis is by using multiple linier regression, simultaneous test and partial test. The data consist of primer, data with a total 100 respondents which determined by using simple purposive sampling. The result of multiple regression test shows that by using simultaneous or partial test indicated the Intellectual Quotient, Emotional Quotient, and Spiritual Quotient variable have positive and significant effect towards student ethical attitudess. And based on partial test showed that the Spiritual Quotient variable has the most dominant effect towards student ethical attitudes. Keywords: intellectual intelligence, emotional and spiritual intelligence, ethics, ethichal attitudes Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) .menguji efek ntellectual Quotient, Emotional Quotient dan Spiritual Quotient, pada Universitas akuntansi secara bersamaan atau sebagian di Denpasar; 2). Menguji variabel yang memiliki efek dominan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Metode analisis untuk menguji hipotesis ini adalah dengan menggunakan beberapa regresi linier, uji simultan dan uji parsial. Data terdiri dari primer, data dengan total 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan sampling purposive sederhana. Hasil beberapa tes regresi menunjukkan bahwa dengan menggunakan simultan atau parsial tes menunjukkan ntellectual Quotient, Emotional Quotient dan Spiritual Quotient variabel memiliki efek positif dan signifikan terhadap sikap etis mahasiswa. Dan berdasarkan tes parsial menunjukkan bahwa variabel Spiritual Quotient memiliki efek yang paling dominan terhadap sikap etis siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Emosional, Etika, Sikap Etis

References

Agustian, Ari Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Cetakan Keempat.Jakarta: Arga.

Amram, Joseph Yosi. 2009. “The Contribution of Emotional and Spiritual Intelligences to Effective Business Leadershipâ€. Dissertation of Psychology of Institute of Transpersonal Psychology, Palo Alto, California.

Amstrong, Thomas. 2009. 7 Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Clarken, Rodney H. 2010. “Considering Moral Intelligence as Part of a Holistic Educationâ€. Journal Education, Northern Michigan University. hal82

Cooper, Donald R. & Pamela S. Schindler. 2007. Metode Riset Bisnis (Vol. 2 edisi 9). Jakarta: PT. Media Global Edukasi. dan Mahasiswa terhadap Etika

Debora dkk, Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa manajemen di Univrrsitas Sumatra Utara. Jurnal akuntansi universitas Sumatra utara

Bisnis. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 1 No. 2, hlm. 1-19.

Dwirandra. 2013. “Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman

Akuntansi dan Sikap Etis dengan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi.â€

Ghozali, Imam, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi Kedua), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goleman, D. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Edisi Keenam. Jakarta: PT Gramedia Putaka Utama.

Goleman, Daniel. 2005. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jamaludin dkk, 2014 Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap etika mahasiswa akuntansi Universitas Tadulaku Jurnal akuntansi universitas Tadulaku

Mathews, MR and MHB Perera. 1993, Accounting Theory and Emotional Intelligence on the Achievement of Accounting Subjectâ€. Jurnal of Business and Social Science, Vol. 4, No. 13.

Sternberg, J. Robert. 2008. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung:Penerbit Alfabeta.

Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, U. 2006. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota MakasarProvinsi Sulawesi Selatan). Proceeding Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.

Published
2017-10-20
How to Cite
Riasning, N. P., Datrini, L. K., & Wianto, I. M. (2017). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DI KOTA DENPASAR. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 9(1), 50-56. https://doi.org/10.22225/kr.9.1.2017.50-56
Abstract viewed = 1707 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 3281 times