ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS DANRASIO PROFITABILITAS PADA PT POS INDONESIA (PERSERO)

  • Hilma Shofwatun Universitas Singaperbangsa Karawang
  • K Kosasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Liya Megawati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Laporan keuangan perusahaan dapat dinilai dengan menganalisis rasio keuangan. Rasio keuangan terdiridari beberapa kelompok seperti rasio likuiditas, leverage, dan profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari hasil laporan keuangan PT Pos Indonesia (Persero) dengan alat ukur menggunakan rasio likuiditas (Current Rasio, Quick Rasio, dan Cash Rasio) dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return On Asset, dan Return On Equity). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model analisis deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis rasio keuangan sehingga setelah dianalisis perusahaan dapat mengetahui dan dapat menilai apakah nilai rasio-rasio keuangan perusahaan dapat memenuhi standar industri atau sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil dari penilaian kinerja keuangan pada PT Pos Indonesia (Persero) mengalami fluktuatif atau ketidak stabilan kinerja keuangan PT Pos Indonesia (Persero). Pada rasio likuiditas dapat dikatakan dalam kondisi kurang baik dengan metode Current Rasio dan Quick Rasio tidakmemenuhi standar industri, sedangkan Cash Rasio mampu mencapai standar industri yang telah ditetapkan. Kemudian pada rasio profitabilitas dapat dikatakan dalam kondisi kurang baik, sehingga hasil analisis ROA tidak memenuhi standar industri, hasil analisis ROE cenderung tidak stabil, dan hasil analisisNPM mengalami penurunan selama empat tahun sehingga tidak memenuhi standar industri dan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama satu tahun terakhir di tahun 2017.

References

Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan (9th ed.). Alfabeta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarte : Bumi Aksara.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta : Center For Academic Publishing Services.

Horne, James C. Van dan John M Wachowicz, Jr. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Sutrisno. 2014. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonisia.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Thomas Sumarsan. 2013. Perpajakan Indonesia (Vol.3). Jakarta : PT. Indeks.

Sumber Jurnal

Damayanti, Umi Rachmah. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN Sebelum Dan Setelah Privatisasi. Jurnal. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Faisal, Ahmad. 2017. Analisis Kinerja Keuangan. Jurnal. Universitas Mulawarman Samarinda.

Febrianty, Fitria. 2017. Analisis Rasio Likuiditas dan Profitabilitas Pada Bank Rakyat Indonesia Syariah. Jurnal. UIN Raden Fatah Palembang.

Febriyanto, F. 2016. Analisis Rasio Keuangan Pada PT Gudang Garam Tbk Untuk menilai Kinerja Perusahaan Periode 2011-2014. Jurnal. Universitas Bina Insani.

Handayani, Dessie. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Profitabilitas Pada PT Bhimex Di Samarinda. Jurnal. Universitas Mulawarman.

Kaunang, Swita Angelina. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT Cipta Daya Nusantara Manado. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Khalida, Poppy Farizka dan Achmad Husaini. 2019. Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Bentoel Internasional Investama Tbk Periode 2016-2018). Jurnal. Universitas Brawijaya Malang.

Nawan, Ilham Nugroho Hanung. 2011. Analisis Kinerja Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Solo 57100 Tahun 2009-2010. Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nurdin, Muhamad. 2015. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Profitabilitas Dan Rasio Aktivitas Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bangka. Jurnal. Universitas Bangka Belitung.

Pangemanan, Ireine Wulan, Herman Karamoy dan Meily Kalalo. 2017. Analisis Rasio Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt.Bank Central Asia, Tbk. Cabang Manado. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Suhendro, Dedi. 2017. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Siantar Top Tbk. Jurnal. AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar Sumatera Utara.

Sutiman. 2019. Analisis Rasio ROA Dan ROE Dalam Menilai Tingkat Kesehatan Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2012 – 2017. Jurnal. Universitas Pamulang.

Wijaya, Fandi. 2017. Penggunaan Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Badan Usaha Milik Negara (Studi Kasus Pada PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012 2015). Jurnal. Universitas Brawijaya Malang.

Yusa, Feby Febrianti. 2016. Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Keuangan (Kasus Pada Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal. Universitas Riau.

Sumber Skripsi

Amaliyah, Nurdiana. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Pada Baitul Maal Wat Tamwil Koperasi Serba Usaha Darussalam Cabang Muhammadiyah Karawang Timur. Skripsi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang.

Andaresta, Ovie. 2017. Analisis Rasio Keuangan Pada PT. Gudang Garam Tbk Periode 2012-2016. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Medan.

Asakina, Ramadhani. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Profitabilitas Dan Likuiditas Pada PT Unilever Indonesia, Tbk Periode Tahun 2012-2016. Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Citrasari. 2013. Analisis Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Karawang. Skripsi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang.

Hawari, Lazuard Achmad. 2017. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Keuangann (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsector Semen Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2016). Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Novianti, Diny. 2017. Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Koperasi Guru Rawamerta (KOGURA) Karawang. Skripsi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang.

Nugrahanti, Triana. 2015. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja BUMN Pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Tahun 2012-2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mawardani, Citra. 2015. Analisis Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Keuanga PT. Pos Makassar Sebelum Dan Setelah Launching Pos Express Tahun 2008 2014. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Ridha, Muhammad. 2017. Analisis Rasio Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan BUMN (Studi Kasus Pt. Perkebunan Nusantara III Medan). Skripsi. UIN Sumatera Utara Medan.

Saputro, Fandy Giyono. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN Bidang Konstruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2021-08-02
How to Cite
Shofwatun, H., Kosasih, K., & Megawati, L. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS DANRASIO PROFITABILITAS PADA PT POS INDONESIA (PERSERO). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 59-74. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/2756
Abstract viewed = 11223 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 17374 times