Perjanjian Kredit Sistem Angsuran Mikro Fidusia pada Pt. Pegadaian Kantor Cabang Bisnis Mikro Denpasar Credit Agreement Of Fiduciary Micro Installment System on PT. Pegadaian Cabang Bisnis Mikro Denpasar

  • Putu Sintya Pratiwi Manikashanti
  • I Nyoman Putu Budiartha
  • Desak Gde Dwi Arini

Abstract

Perjanjian Kredit merupakan Perjanjian pokok (prinsipil) di dalam penyaluran kredit sedangkan Jaminan Fidusia sebagai accessor yang memiliki kekuatan eksekutorial. Fidusia dengan pemberian jaminan berdasarkan kepercayaan mengalihkan kepemilikan barang milik debitur kepada kreditur, namun barang jaminan yang bersangkutan tetap dikuasai oleh debitur, selama ia memenuhi kewajibannya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu prosedur perjanjian kredit dan proses eksekusi terhadap debitur wanprestasi dengan jaminan fidusia. Penelitian Hukum Empiris digunakan dalam penelitian ini dengan studi kasus di lapangan berdasarkan ketentuan- ketentuan hukum dalam mengidentifikasi efektifitas hukum dalam dinamika sosial. Hasil dari penelitian setelah diatur dalam Undang- Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia Pasal 15 Ayat (2), Pasal 29 Ayat (1), Pasal 31 UU. Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia. Eksekusi atas jaminan fidusia apabila debitur wanprestasi maka dilakukan penjualan benda yang menjadi objek jaminan fidusia atas kekuasaan penerima fidusia melalui pelelangan umum untuk melunasi piutangnya dari hasil penjualan berdasarkan titel eksekutorial.

 

References

Gunawan Wijaya, 2003, Jaminan Fidusia,a Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

I Dewa Gde Atmaja dan I Nyoman Putu Budiartha,a2018, Teori- Teori Hukum, Setara Press, Malang.

Munir Fuady, 2000, Jaminan Fidusia, PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Purwahid Patrik dan Kashadii, 1997, Hukum Jaminan Edisi Revisi dengan UUHT,t Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang.

Subekti,2002, Hukum Perjanjian, Intermasa, Jakarta.
Published
2023-01-31
Abstract viewed = 421 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 95 times