Praktik Greenwashing: Perlindungan Hukum dan Tanggung Jawab Korporasi Ditinjau dari Hukum Indonesia

  • Raynold Sebastian Hasiholan Gultom Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Kota Depok
  • Muthia Sakti Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Kota Depok https://orcid.org/0000-0002-6387-531X

Abstract

Penelitian berusaha untuk menganalisis praktik greenwashing dengan kerangka hukum yang ada di Indonesia, baik dalam perlindungan hukum terhadap praktik greenwashing, maupun tanggung jawab korporasi dalam mengimplementasikan praktik greenwashing sebagai pelaku usaha. Metode penulisan yang digunakan adalah metode hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan perbandingan. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa terdapat beberapa regulasi yang dapat menjadi payung hukum terhadap praktik greenwashing serta dapat mengakomodasi kepentingan konsumen dan lingkungan. Selain itu penulis juga mendapati bahwa prinsip product liability atau pertanggungjawaban produk merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan korporasi ketika melakukan praktik greenwashing. Penulis juga menggarisbawahi tentang e-commerce dapat menjadi salah satu ancaman adanya praktik greenwashing. Maka dari itu perlu peran pemerintah dalam pembaharuan regulasi terkhusus terhadap praktik greenwashing, dan kesadaran konsumen dalam menilai dan menelaah sebelum membeli produk dapat dikategorikan sebagai produk ramah lingkungan.

References

Ahmed, A., Vij, D. S., Qureshi, S., & Nargis., S. (2022). Green Marketing or Greenwashing: An Illusion. International New York Academic Congress(4), 17-22.

Ayman Guirguis, J. M. (2023, July 20). The ACCC's Eight Commandments for Environmental and Sustainability Claims and Avoiding Greenwashing and Breaches of the Australian Consumer Law. Retrieved from K&L Gates Hub: https://www.klgates.com/The-ACCCs-Eight-Commandments-for-Environmental-and-Sustainability-Claims-and-Avoiding-Greenwashing-and-Breaches-of-the-Australian-Consumer-Law-7-20-2023

Browniewicz, E. (2016). Environmental Goods and Services Sector. 9th International Scientific Conference Business and Management, 1-8.

Bustomi, A. (2018). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Kerugian Konsumen. Jurnal Unpal, 16(2), 154-166.

Chen, Y.-S., & Chang, C.-H. (2013). Greenwashing and Green trust: The Mediation Effects of Green Consumer Confusion and Green Perceived Risk. Journal of Business Ethics(114), 489-500.

Cherian, J., & Jacob, J. (2012). Green Marketing: A Study Consumers’ Attitude Towards Environment Friendly Products. Asian Social Science, 8(12), 117-126.

Eleanora., F. N. (2018). Prinsip Tanggung Jawab Mutlak Pelaku Usaha Terhadap Ketentuan Pasal 27 UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Krtha Bhayangkara, 12(2), 207-228.

Elisa de Wit, C. F. (2023, July). ACCC Issues Guidance on Greenwashing. Retrieved from Norton Rose Fulbright: https://www.nortonrosefulbright.com/en/knowledge/publications/08a00e98/accc-issues-guidance-on-greenwashing#:~:text=The%20term%20'greenwashing'%20refers%20to,or%20have%20no%20reasonable%20basis%E2%80%9D.&text=Greenwashing%20may%20(among%20other%20things,d

Geng, Y., Liu, W., Li, K., & Chen, H. (2021). Environmental Regulation and Corporate Tax Avoidance: A Quasi-Natural Experiment Based On the Eleventh Five-Year Plan in China. Energy Economics, 99(105312), 1-16.

Ghassani, M. K., Rahman, N. A., Geraldine, T., & Murwani, I. A. (2022). The Effect of Greenwashing, Green Word of Mouth, Green Trust and Attitude towards Green Products on Green Purchase Intention. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 5(3), 25508-25520.

Green Business Bureau. (2021, February 24). SDG 12: Responsible Consumption and Production. Retrieved from Green Business Bureau: https://greenbusinessbureau.com/topics/sdg/sdg-12-responsible-consumption-and-production/

Green Business Bureau. (2021, December 16). The Seven Sins of Greenwashing. Retrieved from Green Business Bureau: https://greenbusinessbureau.com/green-practices/the-seven-sins-of-greenwashing/

Greenpeace. (2022, November 15). COP27 Sponsor The Coca-Cola Company named worst plastic polluter for five years in a row according to 2022 Brand Audit. Retrieved from Greenpeace: https://www.greenpeace.org/usa/news/cop27-sponsor-the-coca-cola-company-named-worst-plastic-polluter-for-five-years-in-a-row-according-to-2022-brand-audit/

Greenpeace. (2022, April 12). Greenwash: What It Is and How Not to Fall for It. Retrieved from Greenpeace: https://www.greenpeace.org.uk/news/what-is-greenwashing/

KBBI. (2023, October 12). Tanggung Jawab. Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/tanggung%20jawab

Koons, E. (2022, July 12). Energy Tracker Asia. Retrieved from Energy Tracker Asia: https://energytracker.asia/greenwashing-examples-of-top-companies/

Ksamawantara, I. M., Kosasih, J. I., & Widyantara, I. M. (2021). Perlindungan Konsumen Terhadap Penipuan Yang Dilakukan Broker Forex Ilegal. Jurnal Interpretasi Hukum, 2(2), 281-286.

Lanthorn, K. R. (2013). It’s All About the Green: The Economically Driven Greenwashing Practices of Coca-Cola. Augsburg Honor Review, 6(13), 32-47.

Loannou, L., Kassinis, G., & Papagiannakis., G. (2022, July 21). How Greenwashing Affects the Bottom Line. Retrieved from Harvard Business Review: https://hbr.org/2022/07/how-greenwashing-affects-the-bottom-line

Lyon, T. P., & Montgomery, A. W. (2015). The Means and End of Greenwash. Journal of Organization and Environment, 28(2), 223-249.

Moslehpour, M., Chau, K. Y., Du, L., Qiu, R., Lin, C.-Y., & Batbayar., B. (2023). Predictors of Green Purchase Intention Toward Eco-Innovation and Green Products: Evidence From Taiwan. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja, 36(2), 1-22.

Mustamu, J. (2014). Pertanggungjawaban Hukum Pemerintah (Kajian Tentang Ruang Lingkup dan Hubungan Dengan Diskresi). Jurnal Sasi, 20(2), 21-27.

Netto, S. V., Sobral, M. F., Ribeiro, A. R., & Soares, G. R. (2020). Concepts and Forms of Greenwashing: A Systematic Review. Environmental Science Europe, 32(19), 1-12.

Pranaharjo, A., Suharyono, & Wilopo. (2013). Pengaruh Green Advertising Terhadap Persepsi Tentang Green Brand dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2010 / 2011 Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek ADES). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 4(2), 1-9.

Probokusumo, D. W. (2014). Pengaruh Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Persepsi Tentang Green Brand Pada Konsumen Molto Ultra Sekali Bilas. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 1-93.

Pujari, D., & Dangelico, R. M. (2010). Mainstreaming Green Product Innovation: Why and How Companies Integrate Environmental Sustainability. Journal of Business Ethics(95), 471-486.

Putra, I. M., Budiarta, I. N., & Subamia, I. N. (2022). Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Consumer Dispute Resolution Through Peace. Jurnal Interpretasi Hukum, 3(3), 358-364.

Riswanti, A. R. (2013). Tanggung Jawab Mutlak (Strict Liability) Dalam Penegakan Hukum Perdata Lingkungan di Indonesia. Jurnal Kertha Wicara(1), 1-5.

Santoso, M. A. (2016). Pertanggungjawaban Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup yang Dilakukan oleh Korporasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(2), 216-228.

Shabbir, M. S., Sulaiman, M. A., Al-Kumaim, N. H., Mahmood, A., & Abbas, M. (2020). Green marketing approaches and their impact on consumer behavior towards the environment—A study from the UAE. Sustainability, 12(21), 1-13.

Shittu, O. (2020). Emerging Sustainability Concerns and Policy Implications of Urban Household Consumption: A Systematic Literature Review. Journal of Cleaner Production(246), 1-13.

Siswanto, B. (2010). Perkembangan Konsep dan Penelitian Greenwashing: Analisis Pustaka. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 10(1), 63-70.

Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 131-142.

Sukma, L. (2017). Pertanggungjawaban Produk (Product Liability) Sebagai Salah Satu Alternatif Perlindungan Konsumen. Dialogia Iuridica Jurnal Hukum Bisnis dan Investasi, 7(2), 32-42.

Susiari, N. P., & Suparna, G. (2016). Greenwashing: Konsekuensinya Pada Konsumen (Studi Kasus Pada Coca-Cola Dengan Kemasan PlantBottle. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5200-5236.

Tri, C. (2011). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.

Triwulan, T., & Febriana., S. (2010). Perlindungan Hukum Bagi Pasien. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya Nusantara.

UK, C. a. (2021). CMA Guidance on Environmental Claims on Goods and Services: CMA Responses to the Consultation. Government of United Kingdom.

Yudana, I. G., Budiartha, I. N., & Arini, D. G. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Melalui Sistem Cash On Delivery Pada Marketplace. Jurnal Interpretasi Hukum, 3(3), 379-385.

Zhang, L., Li, D., Cao, C., & Huang, e. (2018). The Influence of Greenwashing Perception on Green Purchasing Intentions: The Mediating Role of Green Word-Of-Mouth and Moderating Role of Green Concern. Journal of Cleaner Production(187), 740-750.

Published
2023-12-05
Abstract viewed = 1256 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 772 times