TELAAH BUKU TEKS PEGANGAN GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII BERBASIS KURIKULUM 2013
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku teks pegangan guru dan pegangan siswa “Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan†kelas VII. Salah satu aspek yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran di sekolah adalah keberadaan buku teks pelajaran. Dalam hal ini, kualitas buku teks pelajaran yang dijadikan sumber pembelajaran turut menentukan hasil pencapaian tujuan pembelajaran. Pengabaian telaah buku teks berarti mengabaikan mutu pembelajaran juga. Telah banyak diberitakan pada media massa mengenai kasus buku teks yang mencoreng dunia pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Salah satu kebijakan pemerintah dalam implementasi kurikulum 2013 adalah penggunaan buku pegangan siswa dan dilengkapi oleh buku pegangan guru. Buku tersebut disusun dan didistribusikan oleh pemerintah pusat. Penyusunan buku teks tersebut diduga kurang maksimal akibat terburu-burunya penerapan kurikulum 2013. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah terkait kualitas, keterbacaan, dan keselarasan buku teks. Data bersumber dari buku teks pegangan guru dan siswa BIWP kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data menggunakan teknik analisis isi melalui coding, klasifikasi, dan deskripsi. Berdasarkan telaah yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas buku teks pegangan guru dan buku teks pegangan siswa termasuk pada kategori cukup. Hal ini disebabkan karena terdapat beberapa komponen/subkomponen yang tidak memenuhi standar sebagaimana yang telah ditetapkan oleh BSNP. Kata kunci: telaah, buku teks guru, buku teks siswa, kurikulum 2013References
DAFTAR PUSTAKA
Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group
Bungin, B. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologi ke Arah Varian Kontemporer (Editor). Jakarta: Rajawali Pers.
Cunningsworth, A. 1995. Choosing your Coursebook. Oxford: Heinemann.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fredriksson, C dan Olsson, R. 2006. English Textbook Evaluation: An Investigation into Criteria for Selecting English Textbooks. Sweden: Malmö högskola
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, O. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia
Humphries, S. 2008. Research methodology review The use of textbook analysis, questionnaires and interviews to evaluate EFL textbook implementation. Japan: Kinki University Technical Co
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP-MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Permendikbud nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krisnasanjaya dan Muliastuti, L. 1997. Telaah Kurikulum 1994 dan Buku Teks I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.
Leslie, E. S.1988. Evaluating ELT textbooks. England: Oxford University Press
Loveridge, A.J. 1970. Preparing textbook manuscript: A Guide for author in developing countries. Paris: United Nation Educational and Cultural (UNESCO).
Mahsun. 2014. Teks dalam Pemebelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, L. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muliastuti, L. 2011. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia bagi penutur asing (Jurnal). Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta
Mulyaningsih, I. 2010. Kualitas Buku “Memahami Bahasa Indonesia Untuk SMK Bidang Keahlian Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Bangunan". Surakarta: Universitas Sebelas Maret (Tesis)
Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Pintamtyastirin. 1998. Uji Keterbacaan Buku-buku Teks Bahasa Indonesia SMU Kurikulum 1994. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Rahmawati, I.Y. 2014. Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia, Keterbacaan, dan Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus Buku “Ekspresi Diri dan Akademik†untuk Kelas X Kurikulum 2013). Surakarta: Universitas Sebelas Maret (Tesis)
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriadi, D. 2001. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Suryaman, M. 2007. Dimensi-Dimensi Kontekstual di Dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Paper diunduh dari journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/147
Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Suwandi, S dan Mulyaningsih, I. 2010. ‘Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sma Program IPA dan IPS di Kota Surakarta (Sebuah Kajian Kualitas dan Keterbacaan)’. Jurnal AJPBSI hal.1-16.
Syamsul, A dan Adi, K. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Rerefensi. Jakarta: PT Grasindo.
Taniredja, T dan Faridli, M. Harmianto, S. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Tarigan, HG dan Tarigan, D. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Uno, H.B. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Copyright (c) 2017 RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)