ANALISIS IKLAN RUMAH SPA DAN SALON KECANTIKAN DI KECAMATAN UBUD

  • Adi Indra Brata Universitas Warmadewa

Abstract

Abstrak Judul penelitian ini adalah analisis iklan rumah spa dan salon kecantikan di kecamatan Ubud. Penelitian ini membahas tentang struktur wacana, unsur verbal dan unsur nonverbal yang terdapat pada iklan yang digunakan oleh rumah spa sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan teori wacana oleh Van Dijk (2009) dan teori semiotik oleh Pierce (2007). Sumber data pada penelitian ini adalah iklan yang dipajang dipinggir jalan yang berada di kecamatan Ubud. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode penelitian lapangan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan pencatatan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa menggunakan metode hermeutika dan teknik analisis data kualitatif berdasarkan ruang lingkup permasalahannya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, terdapat tiga temuan dalam analisis ini yaitu, (1) Enam iklan rumah spa tersebut memiliki strukur makro yang lengkap, sedangkan pada tatanan superstrukur, ada beberapa iklan yang memiliki superstruktur iklan kurang lengkap, pada tatanan struktur mikro setiap iklan memiliki unsur semantik dan sintaksis, namun ada beberapa iklan yang memiliki unsur retoris seperti. (2) Enam iklan yang dianalisis pada penelitian ini memiliki makna verbal yang dianalisis melalui strukur makro dan mikro yang merupakan bagian struktur wacana pada iklan. (3) Enam iklan yang dianalisis pada penelitian ini memiliki makna nonverbal yang diungkapkan melalui tanda yang terdapat pada iklan tersebut berupa ikon, indeks dan simbol. Kata kunci: Wacana dan teks, iklan, semiotik, verbal, nonverbal
Published
2017-07-04
How to Cite
Brata, A. I. (2017). ANALISIS IKLAN RUMAH SPA DAN SALON KECANTIKAN DI KECAMATAN UBUD. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 16-29. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.91.16-29
Section
Articles
Abstract viewed = 918 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1102 times