Peningkatan Keterampilan Menulis Narrative Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Implementasi Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X Di Sma Dwijendra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan menulis narrative dalam mata pelajaran Bahasa Inggrispada siswa kelas X di SMA Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2014 / 2015. Sampel penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X Unggulan 1 yang terdiri dari 52 siswa.
Penelitian ini dilakukan dalam waktu 3 bulan yang terdiri dari tiga siklus, yaitu satu siklus yang disebut siklus pratindakan untuk mengetahui keterampilan siswa sebelum penerapan media audio visual dalam bentuk tes.Dua siklus berikutnya yaitu Siklus I dan Siklus II dilaksanakan untuk mengaplikasikan teknik ini.Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dalam 4 instrumen, yaitu tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi.Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yang kemudian diberikan penjelasan deskripsi.
Hasil penelitian menurut data kuantitatif implementasi media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Dwijendra Denpasar.Ini dapat dilihat dari hasil evaluasi tes dan observasi serta hasil kuesioner yang selalu meningkat pada setiap siklusnya.Hasil evaluasi rata – rata sebelum diterapkannya media audio visual adalah 58 yang mengindikasikan bahwa nilai ini termasuk dalam kategori sangat kurang dan belum memenuhi standar KKM.Setelah implementasi media audio visual pada siklus I, nilai rata – rata meningkat menjadi 73.Dengan diadakannya siklus II, sebagai perbaikan siklus I nilai rata – rata siswa mengalami peningkatan menjadi 84 dengan kategori baik.Peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya juga didukung dengan data kualitatif hasil tes siswa.Keywords: menulis, narrative text, media audio visualÂ
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)