Fitur Linguistik Dan Non-Linguistik Penggunaan Bahasa Sms Pada Siswa Smpn 4 Mataram Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah
Abstract
Isu sentral yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah fitur linguistik dan non-linguistik yang digunakan siswa dalam berbahasa SMS? dan 2) Bagaimanakah implikasi fitur linguistik dan non-linguistik penggunaan bahasa SMS pada siswa kelas VIII 10 SMPN 4 Mataram tahun pelajaran 2014/ 2015 terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah? Data yang dipergunakan untuk menjawab tiga persoalan tersebut diperoleh dari para siswa berupa fitur linguistik dan non-linguistik penggunaan bahasa SMS. Teknik pengumpulan data dengan cara: memotret (Capture atau Screenshot) dari HP mereka, observasi, mencatat kejadian di lapangan, kuesioner, dan wawancara. Seluruh data yang ada diidentifikasi, dikodifikasi, diklasifikasi, dan dianalisis. Data dianalisis berdasarkan bentuk, fungsi, makna, kontak sosial, dan implikasinya terhadap pembelajaran di sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa fitur bahasa SMS para siswa berupa pesan verbal, yang terdiri dari fonem, morfem, leksikon, frasa, dan kalimat dan pesan non-verbal berupa emoticon (tanda rasa).
Kata kunci: fitur, linguistik, dan SMS
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-NC-SA)