Pelanggaran Sendi-Sendi Gaya Bahasa Pada Iklan Tv

  • Desak Putu Eka Pratiwi

Abstract

Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. Sebuah gaya bahasa yang baik harus mengandung tiga unsur berikut: kejujuran, sopan santun, dan menarik (Keraf, 1991: 113).  Bahasa iklan merupakan bahasa yang sangat kaya, baik gaya maupun pilihan katanya.  Penulis iklan terkenal senang bermain dengan kata-kata dan memanipulasi atau mengubah makna yang sebenarnya sehingga sering terjadi pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa yang digunakan pada iklan TV dan menelaah pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa yang terdapat pada iklan TV.  Data pada penelitian ini diambil dari iklan makanan yang ditayangkan di stasiun TV swasta, yaitu iklan Mie Sedaap Cup, Wafer Tango, dan Energen Sereal.  Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori gaya bahasa dari Keraf (1991).  Hasil penelitian menunjukkan terjadi pelanggaran terhadap sendi-sendi gaya bahasa pada data iklan yang digunakan dalam penelitian ini.  Namun uniknya, pelanggaran tersebut justru membuat iklan-iklan tersebut menjadi lebih menarik.
Published
2015-04-30
How to Cite
Pratiwi, D. P. E. (2015). Pelanggaran Sendi-Sendi Gaya Bahasa Pada Iklan Tv. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 81-93. https://doi.org/10.22225/jr.1.1.14.81-93
Section
Articles
Abstract viewed = 740 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 839 times