The Politeness of Speech Acts in Teaching and Learning Interactions Between Teachers and Students of SD Negeri 4 Sutopati Magelang

  • Nurhana Lisna Linawati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harun Joko Prayitno Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Politeness, Speech Actions, Learning

Abstract

This  research  aims  to  identify  speech  acts  at  SD  Negeri  4  Sutopati  school. The  research  data  is  the  speech  of  teachers  and  students  at  SD  Negeri  4 Sutopatiin  school  learning.  The  data  collection  techniques  were  free listening  technique,  recording  technique,  and  note-taking  technique.  The data   were   obtained   directly   during   classroom   learning,   as   well   as recordings  of  learning  dialogues.  The  data  analysis  used  intralingual  and pragmatic  methods.  In  this  study,  the  validity  of  the  data  was  tested  by using the triangulation technique of data sources of students’ and teachers’ speech  during  learning  and  teaching  which  was  then  analysed  based  on the psychopragmatic approach. The speech acts found during teaching and learning  are  directive,  representative,  and  there  is  politeness consisting   of   maxims   of   wisdom,   maxims   of   generosity in   the   speech.   The   results of   the research  of  directive  speech  acts  are  9.56%,  then  representative  19.42%. While  the  maxim  of  wisdom  is  spoken  as  much  as  3.1%,  the maxim  of  generosity  as  much  as  3.5%, which is done by teachers or students during learning. The  utterances  delivered  are  often  spoken  or  spoken  by students  to  teachers  or  teachers  to  students  during  learning  and  teaching, thus  causing  a  speech  act  delivered  in  daily  activities.  Speech  acts  in  SD Negeri 4 Sutopati can be used as Indonesian language learning materials at school.

References

Aliyah, S. (2017). Kesantunan Tindak Tutur Direktif Antarguru Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin (the Politeness of Directive Speech Act Used Among Teachers of Sdit Ukhuwah Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 6(2), 237. https://doi.org/10.20527/jbsp.v6i2.3755

Anggraeni, P. N., & Yudi, A. P. (2021). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dilan dalam Film Dilan 1990. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 8(1), 27-40.

Akmalia, F., & Nurbayan, Y. (2021). Luqman Hakim’ Speech and Politeness to his Son. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 12(2), 159-169.

Azmi, R. A., & Agustina, A. (2022). Kesantunan Berbahasa dan Pemanfaatannya dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9026- 9039.

Ahya, A. S., Qomariyah, L., & Subakti, H. (2021). Tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 81-92.

Ariesya, R. O., Oktiawalia, R. Z., Khotimah, A. M. H., Setiawan, K. E. P., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Mariposa Karya Alim Sudio. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 56–73.

Badelah, B., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 219–234. https://doi.org/10.30957/lingua.v16i2.604

Budiarni, P. ., Ekasriadi, A. A. ., & Liswahyuningsih, G. L. . (2021). Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pariwisata Dalung Tahun 2019/2020. Jurnal Statistika, 10(1),164–184.

Cahyani, D. N., & Rokhman, F. (2017). Kesantunan berbahasa mahasiswa dalam berinteraksi di lingkungan Universitas Tidar: Kajian sosiopragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 44-52.

Dwi Alika, S. (2017). Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (The Violation of Language Politeness Principles In The Interaction Of Indonesian Language Teaching And Learning). Jalabahasa, 13(1).

Diana, R. E., & Manaf, N. A. (2022). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran di SMP. Jurnal Basicedu, 6(3), 4940-4952.

Dede, D., & Suryadi, M. (2019). Realisasi Bentuk Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(1), 115-124.

Faramida, I., Charlina, C., & Hermandra, H. (2019). Tindak tutur representatif pada caption instagram. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 1(1), 8-17.

Fadilah, N. (2019). Analisis Tindak Tutur dalam Ceramah KH Anwar Zahid. sarasvati, 1(2), 43-53.

Fakhriyah, F. N. (2020). Analisis tindak tutur dalam novel perempuan berkalung sorban karya abidah el khalieqy. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 273-282.

Hadiwijaya, M., Amalyasari, M. R., & Yahmun, Y. (2021). Penggunaan Tindak Tutur Direktif Mahasiswa Multikultural dalam Konteks Kesantunan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(4), 413–424. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i4.230

Halawa, N., Gani, E., & R, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Tindak Tutur Melarang Dan Mengkritik Pada Tujuh Etnis. Lingua: Jurna Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 15(2), 195–205. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/17738/9511

Hardiati, W. 2018. Tindak Tutur Sarkastik di Media Sosial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (JBSP), 8(1), 123-131. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/download/4817/4195

Hermawan, Agus. 2017. “Kesantunan Berbahasa dalam Negosiasi di Pasar Hewan Cangkring Ponggok Kabupaten Blitar (Tinjauan Pragmatik)” dalam JIP.VII. 184-196.

Irma, C. N., & Sari, I. P. (2020). Analisis tindak tutur ekspresif dalam acara seminar Mario Teguh terbaru 2019. Hasta Wiyata, 3(2), 109-113.

Jahdiah, N. F. N. (2018). Kesantunan Tindak Tutur Bamamai dalam Bahasa Banjar: Berdasarkan Skala Kesantunan Leech. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), 164-179.

Jauhari, Ade. (2017). Realisasi Kesantunan Berbahasadalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMK. LingTera vol 4 (2).

Juniati. 2019. “Realisasi Tindak Kesantunan Komisif Di Kalangan Masyarakat Pedagang Pasar Tradisional Sungai Pinang Desa Mekarpura Kabupaten Kota baru” dalam Cendekia: Jurnal Ilmial Pendidikan. VII. 274-283.

Kusmiarti, R., Yuniati, I., & Noermanzah. (2020). Improving Student Communication Skills In Learning Indonesian Language Through Collaborative Learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1).

Lase, F. (2022). Kesantunan Tindak Tutur Dalam Amaedola Ononiha Untuk Mendidik Peserta Didik Nilai-Nilai Karakter Cerdas. Educativo: Jurnal Pendidikan,1(2),645–657. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.86

Laia, A. (2018). Analisis Maksim Kebijaksanaan dan Maksim Permufakatan dalam Film Lua- Lua Mböwö Sebua Karya Ponti Gea. Jurnal education and development, 5(1), 87-87.

Lailika, A. S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Representatif dalam Podcast Deddy Corbuzier Dengan Nadiem Makarim-Kuliah Tidak Penting?. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 97-109.

Maiza, S. (2021). Pola Kesantunan Berbahasa Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 14-29.

Murti, S., Muslihah, N. N., & Sari, I. P. (2018). Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung Sutradara Tya Subiakto Satrio. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 17-32.

Mardiyah, M. (2017). Kesantunan berbahasa Indonesia dalam berkomunikasi dosen dan mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 45-62.

Mahmudi, A. G., Irawati, L., & Soleh, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berkomunikasi dengan Guru (Kajian Pragmatk). Deiksis, 13(2), 98-109.

Maulana, A. H. (2017). Representasi nilai keislaman dalam film Jinn karya Ajmal Zaheer Ahmad (Bachelor’s thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017).

Mahyudin, M. (2020). Analisis Tindak Tutur Representatif Guru Secara Virtual Dalam Vidio Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Morelent, Y., Fikri, H., Fauziati, P., & Krisna, E. (2022). Pengaruh Tindak Tutur Direktif Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(2), 420-435.

Monica, L., & Afnita, A. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 217-225.

Mahmudah, M., Sumarti, E., & Susandi, S. (2021). Tindak Tutur Representatif Perkembangan Penyebaran Covid-19 dalam Berita di CNN Indonesia. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 65–76.

Mariasari, S. (2019). Tindak Tutur Representatif Dalam Film Pendek Polapike Episode Mati Lampu. Journal LPPM Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, 9(November), 510–516.

Mutmainnah, Ainun. (2019). “Tindak Tutur Ilokusi Pada Pedagang di Pasar Butung Makassar”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Malutin, M., Suyadi, S., & Windiatmoko, D. U. (2018). Tindak tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di MA unggulan al-kautsar Trowulan Mojokerto Tahun pelajaran 2015/2016. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 105-120.

Maelani, T., Sutarjo, A., & Wardana, D. (2019). Analisis Maksim Kebijaksanaan Tuturan Tokoh Pada Tayangan Nussa. KALIMAYA, 7(2), 1–14.

Ni Nyoman Ayu Ari Apriastuti , Rasna I W, P. I. . (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Ix Unggulan Smp Pgri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/0

Nugroho, R., Wardiani, R., & Setiawan, H. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Antar mahasiswa Semester Delapan STKIP PGRI Ponorogo. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba)2019, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151

Novianti, R., & Inderasari, E. (2022). Tindak Tutur Kesantunan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JALA BAHASA, 16(1), 43–60.

Oktavia, W., & Manaf, N. A. (2022). Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Ekspresif Siswa pada ProsesPembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4953–4966.

Pratama, R. K., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur ekspresif dalam wacana stand up comedy indonesia sesi 3 babe cabita di kompas Tv. Caraka, 6(2), 90.

Prayoga, A. D., Virdos, N. S., Rahmawati, N., Anindhita, Y., Hanan, M. J., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Video Edukasi” Kelola Sampah” pada Saluran Youtube DITJEN PSLB3 KLHK. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 3(2), 37- 47.

Pradipta, D. R., Suyitno, S., & Rohmadi, M. (2019). Tindak Tutur Ekspresif Dalam Video Stand Up Comedy Sadana Agung: Tinjauan Pragmatik. In Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” (pp. 145-148).

Pangesti, N. I., & Rosita, F. Y. (2019). Tindak Tutur Ekspresif di Akun Instagram@ kampuszone. Hasta Wiyata, 2(2), 98-106.

Puspitasari, D. (2020). Tindak tutur guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(3), 80-93.

Pramudiyanto, A., Supana. dan Rohmadi, M.(2018). Characteristic of Wong Cilikon Wayang Kulit Wanda of Panakawan Figures. Jurnal Humanus, 17(2),hal.174-187. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/humanus

Panditung, A. R., Saptomo, S. W., & Sukarno, S. (2021). Tindak Tutur Ekspresif dan Tindak Tutur Direktif dalam Serial Kartun Anak “Chibi Maruko Chan”. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 3, pp. 632-640).

Prayitno, Harun Joko. 2017. Studi Sosiopragmatik. Surakarta: Muhammadiyah UniversityPress.

Pradana, G. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Cuitan Akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3, 9–22.

Qomariyah, L. (2017). Tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-18.

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Smp N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591

Rahardi, K. (2019). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Rohmadi, M. (2017). Pragmatik Teori dan Analisis. Yuma pustaka

Rihanah, A., Permadi, D., & Mulasih, M. (2021). Analisis tindak tutur ekspresif dalam novel My lecturer My husband karya Gitlicious. Hasta Wiyata, 4(2), 181-189.

Rochman, S. A., Jamjam, A., & Dayudin, D. (2019). Prinsip Kesopanan Maksim Kedermawanan Tokoh Utama dalam Novel “Aul?d H?ratin?” Episode Jabal Karya Naj?b Mahf?z (Kajian Pragmatik). Hijai, 2(1), 124-136.

Sukarno, S. (2018). Politeness Strategies, Linguistic Markers and Social Contexts inDelivering Requests in Javanese. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(3), 659–667.

Septiani, D., Sumarti, & Rusminto, N. E. (2018). Kesantunan Imperatif Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas VII SMP. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), Mei, 1–12.

Sitompul, H. (2020). Tindak Tutur Direktif Dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Jurnal Bahasa & Sastra, 5(2), 157–165.

Susylowati, E., Yulianti, W., Agung, A., & Dian, A. (n.d.). Realisasi Kesantunan Tindak Tutur Antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Verbal di Universitas Surakarta. 1(1), 31– 39.

Sugiyono.(2020).Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta

Saifudin, A. (2019). Teori tindak tutur dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 15(1), 1-16.

Satriawan, D. (2019). Tindak Tutur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VII SMP Kartika II-2Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Salingka: Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra. 16(2).https://doi.org/10.26499/salingka.v16i2.233

Searle, J.R.. Speech Act: An Essay in the Philosophy of language. Cambridge: CambridgeUniversity. 1969.

Syukur, S. E. H., Soe’oed, R., & Mulawarman, W. G. (2020). Tindak Tutur Remajasebagai Anak Tunggal dalam Interaksi Sehari-Hari di Kelas: Kajian Sosiopragmatik. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4),445–454. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.128

Setiawati, E., & Widagdo, T. B. (2021). Strategi kesantunan tindak tutur direktif werkudara dalam wayang purba: Analisis pola prosodi. LITERA, 20(1), 158-182.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka TeknikAnalisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Subagyo, P. A. (2022). Bahasa dan kepemimpinan: menggali inspirasi discursive leadership Soegija pranata dan Abdurrahman Wahid. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Saputro, M. Y. (2020). Model Kesantunan Berbahasa Siswa Tionghoa di Sekolah PAH TSUNG Jakarta: Kajian Etnografi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 48(2).

Suaedi, H. (2018). Analisis Percakapan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).

Sinta, Suci Rama. (2018). “Tindak Tutur Ilokusi Pada Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Bengkel dalam Bahasa Jawa Kajian Pragmatik”. Skripsi.Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tressyalina, T. & Anisa, H. (2020). Strategi Tindak Tutur Langsung dan TidakLangsung Pedagang dalam Menerima dan Menolak Pembeli di Pasar AurKuning Bukittinggi. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(2), 253 262.https://doi.org/10.14710/nusa.15.2.253-262

Ulam, A., Emzir, E., & Nuruddin, N. (2018). Analisis Linguistik Prinsip Kerjasama dalam Tuturan Cerita Humor Nawadir Juha Li al-Athfal. Arabi:Journal of Arabic Studies, 3(2), 157-166.

Utomo. 2022. Analisis Prinsip Kesantunan dalam Dialog Narasi Mata Najwa Episode Coba- coba Tatap Muka. Jurnal Ilmiah Semantika. Volume 3, No. 2.

Wibawa, I. B. M. ., Suandi, I. ., & Paramarta, I. . (2021). Kesantunan Tindak Tutur Direktif Dalam Interaksi Di Lingkungan Gria Di Kabupaten Buleleng Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 151–162.

Wiratmojo, P., & Sasonohardjo. (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. LembagaAdministrasi Negara

Wiwaha, R. S. R., Andajani, K., & Harsiati, T. (2021). Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 335-352.

Wibowo, W. (2022). Konsep Tindak Tutur Komunikasi. Bumi Aksara.

Wahyuni, W. (2018). Analisis Maksim Kesantunan Berbahasa Indonesia Dakwah Ustaz Nur Maulana Melalui Trans TV (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Wati, I. N. (2017). Tindak Tutur Guru Perempuan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Wulandari, E., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Video “Trik Cepet Jawab Soal Matematika Bahasa Inggris Versi Jerome!” Pada Saluran Youtube Jerome Polin. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 65–70.

Wijaya, Herman. 2019. “Prinsip Kesopanan dalam Tindak Tutur Transaksi di Jual Beli Pasar Minggu Desa Tebaban Kecamatan Suralaga: Kajian Pragmatik” dalam Mabasan. XIII. 77- 96.

Zahroini, W. I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif pada Stand Up Comedy Academy Indosiar Season 1. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1),hal. 61-68.

Published
2024-08-02
How to Cite
Nurhana Lisna Linawati, & Harun Joko Prayitno. (2024). The Politeness of Speech Acts in Teaching and Learning Interactions Between Teachers and Students of SD Negeri 4 Sutopati Magelang. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 10(2), 563-574. https://doi.org/10.55637/jr.10.2.10156.563-574
Section
Articles
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 41 times