PENGARUH KOMPETENSI SDM, PEMANFAATAN TI,DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

  • Ni Made Dita Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Ida I Dewa Ayu Manik Sastri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa Denpasar, Bali
  • Cokorda Krisna Yudha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada BPR di Ubud. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan pada BPR di Ubud. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan pada BPR di Ubud. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai dari 6 Bank Perkreditan Rakyat di Ubud. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah 47 responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan pada BPR di Ubud.

References

Binawati, E., & Nindyaningsih, C. T. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Optimal, 19(1), 19-39.

Gasperz, J. J. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Badan Pusat Statistik Wilayah Maluku). JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 5(2), 75-83.

Iqbal, M., Sofwan, S. V., & Mariam, R. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Pengawasan Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 13(1), 1-15.

Sari, E. P., & Anik, S. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Kekuatan Koersif, Tingkat Pendidikan dan Pelatihan Kerja Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Ekonomi.

Samosir, M., & Setiyawati, H. (2019). The Effect of Competence of Human Resources, Application Internal Control System, Utilization of Information Technology on the Quality of Financial Statements (Survey on Regional Work Unit of Cianjur Regency Government). Int. J. Bus. Manag. Invent, 8(3), 31-38.l

Shofa, A., Wafirotin, K. Z., & Wijayanti, I. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kaulitas Laporan Keuangan (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Madiun). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(1), 128-144

Published
2023-07-10
How to Cite
Cahyani, N. M. D., Sastri, I. I. D. A. M., & Yudha, C. K. (2023). PENGARUH KOMPETENSI SDM, PEMANFAATAN TI,DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 3(2), 36-41. https://doi.org/10.22225/jraw.3.2.7633.36-41
Abstract viewed = 92 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 104 times