PENGARUH KOMPETENSI, PRAKTEK AKUNTABILITAS DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA DESA

  • Ni Wayan Dian Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Dewa Ayu Kristiantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Ni Luh Putu Mita Miati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Dana desa bertujuan untuk memberi bantuan kepada masyarakat, mempersempit angka kemiskinan, memajukan perekonomian masyarakat desa, menanggulangi ketimpangan pembangunan dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan pemerintah Indonesia. Pencegahan kecurangan (fraud) merupakan upaya atau tindakan yang dilakukan untuk meminimalkan kesempatan, menangkal serta menilai setiap aktivitas yang memiliki resiko timbulnya kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, praktek akuntabilitas, dan moralitas individu terhadap pencegahan kecurangan (fraud) pengelolaan dana desa pada Desa Se-Kecamatan Payangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur desa Se-Kecamatan Payangan. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 76 aparatur desa. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji-f dan uji-t). Dari hasil penelitian ini kompetensi tidak berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan (fraud), praktek akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan (fraud), dan moralitas individu berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan kecurangan (fraud).

References

Aprilia, Kadek Wiwin Indah, & Yuniasih, Ni Wayan. (2021). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Moralitas Individu, dan Budaya Organisasi Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) Dalam Pengelolaan Keuangan Desa (studi empiris pada pemerintah desa se-kota denpasar). Hita Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 25–45.

Armelia, P. A., & Wahyuni, M. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Efektivitas Pengendalian Internal, dan Moral Sesitivity terhadap Pencegahan Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 61.

Eldayanti, N. K. R., Indraswarawati, S. A. P. A., & Yunianingsih, N. W. (2020). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendalian Internal, Integritas Dan Akuntabilitas Terhadap Pencegahan (Fraud) Dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Hita Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 2016, 465–494.

Kompas.com. (2020). Korupsi Dana Bantuan, Pelaku Memotong Rp 200.000 dari Setiap Keluarga. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.tv/article/84622/korupsi-dana-bantuan-pelaku-memotong-rp-200-000-dari-setiap-keluarga

Laksmi, Putu Santi Putri, & Sujana, I Ketut. (2019). Pegaruh Kompensasi SDM, Moralitas dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(3), 2155–2182.

Maryanti, D. M. D. (2019). Pengaruh Moralitas, Asimetri Informasi, dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud). Kumpulan Riset Akuntansi, 25, 2155–2184.

Mulyanto, Dewi, intan candra, & Sabtohadi, J. (2021). Pengaruh Akuntabilitas, Kesesuaian Kompensasi, Pengendalian Intern, Motivasi, Budaya Organisasi, dan Asimetri Informasi Terhadap Kecurangan Dana Desa (studi pada desa se-kabupaten kudus). Ejurnal Binawakya, 16(3), 6607–6616.

Prabawa, Ida Bagus Gaga Surya, & Putra, Cokorda Gde Bayu. (2021). Pengaruh Peran Internal Audit, Moralitas dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. Hita Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 15–28.

Saputra, Komang Adi Kurniawan, Pradnyanitasari, Putu Dian, Priliandani, Ni Made Intan, & Putra, I Gst. B. Ngr. P. (2019). Pratek Akuntabilitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa. Kumpulan Riset Akuntansi, 10(2), 168–176.

Sari, Eka Melisa, Arza, Fefri Indra, & Taqwa, S. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Kesesuaian Kompensasi dan Pengendalian Intern Terhadap Potensi Kecurangan Dana Desa. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 139–145.

Sariwati, N. W., & Sumadi, N. K. (2021). Pengaruh Kompetensi, Praktek Akuntabilitas Dan Moralitas Individu Terhadap Pencegahan (Fraud) Dalam Pengelolaan Dana Desa. Hita Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 2798–8961, 279–291.

Suandewi, N. K. A. (2021). Pengaruh Kompensasi Sumberdaya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, Moralitas dan Whistleblowing Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) Pengelolaan Dana Desa. Hita Akuntansi Dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 29–49.

Published
2023-07-11
How to Cite
Utami, N. W. D., Kristiantari, D. A., & Miati, N. L. P. M. (2023). PENGARUH KOMPETENSI, PRAKTEK AKUNTABILITAS DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA DESA. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 4(1), 20-25. https://doi.org/10.22225/jraw.4.1.7617.20-25
Abstract viewed = 478 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 371 times

Most read articles by the same author(s)