Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tabanan
Abstract
This research aims is to obtain empirical evidence of the influence of Organizational Structure Business Process and Information and Communication Technology, Humanz Resource Management, Good Governance and Taxpayer Awareness of the compliance of individual taxpayers at the Primary TaxeOffice (KPP) Tabanan. Sample determination method using the incidental sampling method. Data collection is done by distributing questionnaires. The data is analysis by using multiple linear regression analysis. The results showed that the Organizational Structure, Business Process and Information and Communication Technology, Human Resource Management and Taxpayer Awareness had a positive effect on taxpayer compliance, while Good Governance had no effect on tax payer compliance. Keywords: Modernization of tax administration system; taxpayers awareness; taxpayer compliance. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Struktur Organisasi, Business Process dan Teknologi Informasi serta Komunikasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Good Governance, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tabanan. Metode penentuan sampel menggunakan metode incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Struktur Organisasi, Business Process dan Teknologi Informasi serta Komunikasi, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan Good Governance tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: Modernisasi sistem administrasi perpajakan; kesadaran wajib pajak; kepatuhan wajib pajak.References
Arifah., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak Selama Periode ( 2012-2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran. 3(3). Retrived From: https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/660
Darmayasa, I. G., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(1), 226-252. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/14232
Nurlis., & Kamil, I. (2015). The Effect Of Taxpayer Awareness, Knowledge, Tax Penalties And Tax Authorities Services On The Tax Complience: (Survey On The Indivdual Taxpayer At Jabodetabek & Bandung). Research Journal of Finance and Accounting. 6(2). Retrived From: https://www.iiste.org/Journals/index.php/RJFA/article/view/19180
Savilla, P., & Dzulkirom, M. (2018) Pengaruh Administrasi Perpajakan dan Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi kasus pada Wajib Pajak di KPP Pratama Malang Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis. 55(3). Retrived From: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2300
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Cetakan kedua puluh tiga. Bandung: Alfabeta.
Sugiarti, W. (2015). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (survei pada kantor pelayanan pajak pratama bandung cibeunying). Digital library Perpustakaan Pusat Universitas Komputer Indonesia. Retrived From: https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-winasugiar-33138