Pengaruh Aplikasi Smart Kampung Banyuwangi Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Banyuwangi

  • Thania Puspa Candrika Putri Aji Universitas Warmadewa
  • Lilik Antarini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Wayan Sudemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
Kata Kunci: Elektronik Government, Smart Kampung Banyuwangi, Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan

Abstrak

Pelaksanaan electronic government menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penerapan electronic government di Indonesia saat ini belum dapat berjalan dengan optimal dikarenakan masih terdapat sejumlah tantangan dan hambatan. Kabupaten Banyuwangi melalui aplikasi Smart Kampung Banyuwangi turut mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik dalam hal kualitas pelayanan, namun dalam pengimplementasiannya masih ditemukan adanya kendala dalam penggunaan aplikasi Smart Kampung Banyuwangi sebagai sarana mengakses pelayanan. Penelitian berfokus untuk mengetahui pengaruh aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Penelitian sebelumnya terkait Smart Kampung Banyuwangi, belum terdapat yang membahas pengaruh aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanannya, sehingga penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Smart Kampung Banyuwangi telah sesuai dengan tujuan diciptakannya sistem tersebut sehingga dapat dirumuskan upaya lanjutan dalam penggunaan aplikasi Smart Kampung Banyuwangi. Penelitian memuat cakupan aspek keamanan sistem, keakuratan dokumen yang dihasilkan, desain, kemudahan penggunaan, keterlibatan sosial, dan kesempatan masyarakat untuk melakukan penilaian terhadap kinerja sistem aplikasi, sehingga dapat melengkapi aspek yang belum diteliti pada penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Alat uji analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji korelasi, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,827 sehingga menunjukkan tingkat hubungan yang sangat kuat antara aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hasil uji analisis regresi linier sederhana memperoleh persamaan regresi Y = 3,543+0,908X yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai  sebesar 0,685, menunjukkan besarnya pengaruh aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan sebesar 68,5%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh positif dan signifikan antara aplikasi Smart Kampung Banyuwangi terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi dapat diterima.

Referensi

Antonio, J. J., Hakim, L., & Yusuf, M. (2003). Pengaruh Inovasi Sahabat Lapor Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 4(2), 385–399.

Cahyani, N.P.K. and Putra, I.P.A.P. (2024) ‘Governance And Digital Transformation: Analisis Ruang Kerja Virtual Melalui Perspektif E-Government Pada Pemerintahan Provinsi Bali’, Public Sphere Review, 3(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.30649/psr.v3i1.123.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implenentasinya. Gava Media.

Holzer, M., & Manoharan, A. P. (2016). Digital Governance inMunicipalities Worldwide (2015-16) Seventh Global E-Governance Survey: A Longitudinal Assessment of Municipal Websites Throughout the World. National Center for Public Performance.

Indrayani, E. (2020). E-Government Konsep, Implementasi dan Perkembangannya di Indonesia. LPP Balai Insan Cendekia.

Irawan, B. (2013). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma, 2(1), 174–201.

Khasanah, S. U., Priyadi, B. P., & Purnaweni, H. (2023). Pengaruh Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi Si D’nok Terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Journal Of Public Policy and Management Review, 13(1), 1–13.

Mulyana, K. E. (2022, July 12). Menkeu Sebut 24 Ribu Aplikasi Milik Pemerintah Tidak Beroperasi Multifungsi, Bikin Boros Anggaran. https://www.kompas.tv/nasional/308335/menkeu-sebut-24-ribu-aplikasi-milik-pemerintah-tidak-beroperasi-multifungsi-bikin-boros-anggaran

Prakasa, R. D., Wijoyo, S. H., & Maghfirof, I. S. E. (2023). Evaluasi dan Perbaikan Desain Pengalaman Pengguna Aplikasi Pelayanan Publik Smart Kampung Kabupaten Banyuwangi menggunakan Pendekatan Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 727–736.

Putra, I.P.A.P. and Putri, N.P.D.K. (2023) ‘Analisis Sistem Sadar Lingkungan (Sidarling) Melalui Perspektif E-Government di Kota Denpasar’, Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 26(1), pp. 10–18. Available at: https://doi.org/10.30649/aamama.v26i1.153.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.

Seroan, E., Posumah, J. H., & Ruru, J. (2018). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 4(063), 9–16.

Zahro, S. R. A., Nurjanah, N., & Mutmainah, N. (2022). Penerapan E-Government melalui Sectoral Protocol System guna Mewujudkan Good Governance di Indonesia. Jurist-Diction, 5(1), 341–364.

Zeithaml, V. A., Parasurama, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service. The Free Press.

Diterbitkan
2024-05-31
Abstrak viewed = 64 times
PDF downloaded = 44 times