Implementasi Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring) Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar

  • Ni Luh Sephia Adnyani Putri Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Mirta Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa
  • Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa
Keywords: Implementasi, Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring), Pelayanan Publik

Abstract

Proses pelayanan publik diharapkan mampu mewujudkan konsep good governance agar pelayanan publik dapat berjalan secara maksimal. Salah satu daerah di Indonesia yang berupaya untuk menerapkan konsep good governance ialah Kota Denpasar yang terletak di Provinsi Bali. Kota Denpasar sebagai pusat pemerintahan yang memiliki tingkat mobilitas penduduk sangat tinggi telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Penghargaan Anugerah Pandu Negeri kategori Gold dengan penilaian tata kelola pemerintahan yang baik. Tetapi masih terdapat kendala dalam pelayanan publik yakni antrian masyarakat yang membludak serta dampak dari pandemi Covid-19. Sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar berupaya memberikan solusi melalui (Sistem Pendaftaran Daring) Si Taring sebagai upaya dalam pelayanan publik berbasis daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring) dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan 3 indikator dalam mengukur implementasi yakni melalui adanya program atau kebijakan, kelompok sasaran, dan elemen pelaksana. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemerintah dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui kondensasi data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan serta diverifikasi melalui uji keabsahan data yakni kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring) sudah berjalan dengan baik karena masyarakat sudah mengetahui adanya program Si Taring sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus admnistrasi kependudukan secara daring dan tidak perlu merasakan antrian yang panjang serta sudah tersedianya prosedur pelaksanaan pada website. Namun masih terdapat beberapa masyarakat yang kurang paham dengan layanan yang tersedia sehingga diperlukannya sosialisasi secara rutin melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar kepada masyarakat.

References

Denpasar, D. K. (2020, 6 8). Pemerintah Kota Denpasar. Retrieved From Taring Dukcapil: Https://Taringdukcapil.Denpasarkota.Go.Id/Landing/

Jaya, S. I. (2020, Februari 2). Mengenal Covid-19. Retrieved From Vivahealth.Co.Id: Https://Vivahealth.Co.Id/Article/Detail/13439/Mengenal-Covid-19

Kartika, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online. Inovasi Pelayanan Publik, 245-260.

Lasama, L. (2018). Penerapan Sistem Daring Terpadu Dalam Proses Pengajuan Gugatan. Dialogia Iuridical, 101-110.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1-16.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. America: Sage.

Redaksi. (2019, Oktober 26). Rai Mantra Dinobatkan Sebagai Pemimpin Inovatif. Retrieved From Redaksi9.Com: Https://Www.Redaksi9.Com/Read/1143/Rai-%20mantra-Dinobatkan-Sebagai-Pemimpin-Inovatif#!

M. J. (2020). Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan Publik. Surakarta: Unisri Press.

Turang, E. G., Tulusan, F. M., & Palar., N. R. (2022). Implementasi Pelayanan Darurat Call Center Manado Siaga 112. Jurnal Administrasi Publik, 18-28.

Yudhiantara, I. M., Hakim, A., Muluk, M. K., & Noor, I. (2019). Transformasi E-Government Menuju E-Governance Dalam Proses Pelayanan Publik Pada Media Centre Pemerintahan Kota Surabaya. Doctor Thesis, Universitas Brawijaya, 129-135.

Published
2023-05-25
Section
Articles
Abstract viewed = 297 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 271 times