PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MEDIASI KEPUASAN KERJA

  • Ni Komang Yunarsih Universitas Warmadewa
Keywords: Gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui mediasi kepuasan kerja di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Hipotesis yang diajukan terdiri dari 1). gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. 2). budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. 3). kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. 4). gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. 5). budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. 6). kepuasan kerja memediasi hubungan antaran gaya kepemimpinan terhadap kinerja. 7). kepuasan kerja memediasi hubungan antaran budaya organisasi terhadap kinerja. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan ukuran sampel sebanyak 80 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin dan penentuan ukuran sampelnya menggunakan metode probality sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder baik data kuantitatif maupun kualitatif. Analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan metode partial least square (PLS) yang mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut : 1). Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan. 2). Budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. 3). Kepuasan kerja memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan. 4). Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. 5). Budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. 6). Yang menyatakan Kepuasan Kerja memediasi hubungan antaran Gaya Kepemimpinan terhadap kinerja. 7). Kepuasan Kerja memediasi hubungan antaran budaya organisasi terhadap kinerja.

References

Abdul Rashid, M.Z., M. Sambasivan & J. Johari (2003). “The Influence of Corporate Culture and Organizational Commitment on Performanceâ€. Journal of Management Development. Vol. 22, No. 8. pp. 708-728

Bass, B.M. & Avolio, B.J. 1994. Improving Organizational Effectiveness: Through Transformational Leadership. London: Sagc Publications, Inc.

Bass, B.M. 1997. Does Transactional-Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries. Journal American Psychologist. 52:130-139.

Byars. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Cahyono, Suharto. 2005. “Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumberdaya Manusia Di Sekretariat DPRD Propinsi Jawa Tengahâ€. JRBI. Vol.1.

Church, Allan H. 1997. Managerial Behaviors and work Group Climate as Predictors of Employee Outcome. Human Business Development Quarterly.

Denison and Misra. 1995. “Toward Of Organizational Culture and Effectivenessâ€. Organization Science. Vol.6, No.2, March-April

De Groot, Timothy, Kiker, D. Scott, and Cross, Thomas C, 2000, “A Meta Analysis to Review Organizational outcomes Related to Charismatic Leadershipâ€. Canadian Journal of Administrative Science. Vol.17, pp. 356-371.

Dessler, G. 1992. Manajemen Personalia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dessler, Garry. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Prenhalindo.

Dharma, Surya. 2005. Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori, dan Penerapannya. Jakarta: Program Pascasarjana FISIP.

Dvir. 2002. Impact of Transformasional Leadership on Follower Development and Performance: A Field Experiment. AMJ Pres.

Ferdinand, Augusty. 2006. “Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemenâ€, BP Undip, Semarang.

Ferdinand, Augusty. 2006. “Structural Equation Modeling : Dalam Penelitian Manajemenâ€, BP Undip, Semarang.

Ghozali, Imam. 2008. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 16.0. Semarang: BP Undip.

Gibson, et al. 1995. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses. Edisi kelima, Jilid 1, Cetakan 8, Jakarta: Penerbit Erlangga

Glisson, Charless & Durick, Mark ,1988, “Predictors of Job Satisfaction and Organizational commitment in Human Service Organizationalâ€. Administrative Science Quartely, Vol.33. p.61-81.

Gomes, Faustino Cardoso. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Grenberg dan Baron. 2000. “Assesing Construct Validity in Organizational Researhâ€. Administrative Scince Quartely.

Guritno, Waridin. 2005. “Pengaruh Persepsi Karywan Mengenai Perilaku Kepemimpinan Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerjaâ€, JRBI, Vol.1.

Hair, Joseph E., Rolph E Anderson., Ronald L Tatham, dan William CBlack. 1998. Multivariate Data Analysis. Fifth Edition, Prentice Hall.

Hani Handoko. 2005. Manajemen Personalia dan SDM. Edisi ke dua. Yogyakarta: BPFE.

Hardini, Sri. 2001. “Hubungan Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai KPKN Yogyakartaâ€. Skripsi S-1 Fakultas Ekonomi, UGM.

Harorld, Konz. 1989. Management 2nd Edition. Pretice-Hall, Inc.

Hersey, Paul dan Kenneth. H. Blanchard. 2007. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.

House dan Woyeke. 1998. “Charismatic and Noncharismatic Leaders: Differences in Behavior and Efectivenessâ€. Organizational Leadership.

Humphreys, J.H. 2002. “Transformational Leader Behavior, Proximity and Successful Services Marketingâ€. Journal of Services Marketing. Vol. 16, 93 No. 6, pp. 487-502.

Kartini, K. 2003. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kirk L. Rongga. 2001. “Human Resources Practices, Organizational Climate and Employee Satisfactionâ€. Academy of Management Review. July, 619-644.

Laffaldano, M.T., & Muchinsky, P.M. 1985. “Job Satisfaction and Job Performance: A Meta-Analysisâ€. Psycological Bulletin.

Lawler III .1998. “Job Satisfaction and Expression of Emotion in Organizationsâ€.

Locander, W.B., F. Hamilton, D.Ladik & J.Stuart. 2002. “Developing a Leadership- Rich Culture: The Missing Link to Creating a Market Focused Organizationâ€. Journal of Market-Focused Management. Vol. 5, pp. 149-163.

Lodge B. dan C. Derek. 2003. Organizational Behavior and Design. Terjemahan Sularno Tjiptowardoyo. Jakarta: Gramedia.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mas’ud. 2004. Survey Diagnosis Organizational. Semarang: Undip.

Menon, Maria E. 2002. â€Perceptions of Pre-Service and In-Service Teachers Regarding The Effectiveness of Elementary School Leadership in Cyprusâ€. The International Journal of Educational Management. 16 February, 91-97.

Nurhayati, Ma’num dan Bisma Dewabrata. 1995. “Identifikasi Nilai-Nilai Budaya Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Kerja†Studi Kasus Direktorat Produksi PT.IPTNâ€. Proceeding Forum Komunikasi Penelitian Manajemen di Indonesia.

Organ, D.W. 1977. “A Reappraisal and Reinterpretation Of The Satisfaction-Causes-Performance Hypothesisâ€. Academy of Management Review, 2.

Ostroff. 1992. “The Relationship Between Satisfaction, Attitudes, and Performance An Organizational Level Analysisâ€. Journal Of Applied Psychology. Vol.77, No.6.

Rich, Gregory. 1997. “The Sales Manager as a Role Model: Effect on Trust, Job Satisfaction, and Performance of Sales Peopleâ€. Journal of the Academy of Marketing Science. Vol.25, No.4, pages 319-328.

Robbins, Stephen. 2006. Perilaku Organisas. Edisi Kesepuluh. Prentice Hall.

Sabardini. 2006. “Peningkatan Kinerja Melalui Perilaku Kerja Berdasarka Kecerdasan Emosionalâ€. Telaah Bisnis. Vol.7, No.1.

Schein, Edgar H. 2004. Organizational Culture and Leadership. Third Edition. San Francisco: Jossey –Bass Publishers.

Shea Christine M. 1999. “The Effect of Leadership Style on Performance Improvement on a Manufacturing Taskâ€. Journal of Business. Vol 72, No. 3.

Soon Hee Kim. 2002. “Participative Management and Job Satisfaction : Lesson for Management Leadership. Public Administration Reviewâ€. Vol 62, No. 2, P. 231 - 241.

Suit, Jusuf. 2006. Aspek Sikap Mental dalam MSDM. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sunarto. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: Amus.

Suranta. 2002. “Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisnisâ€. Empirika, Vol.15, No.2.

Suyadi, Prawirosentono. 2000. Kebijakan Kinerja Karyawan –Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Menjelang Perdagangan Bebasa Dunia. Yogyakarta: BPFE.

Terry, George. 1985. Manajemen (Edisi Terjemahan). Jakarta: Penerbit Gahlia Indonesia.

Testa, Williams, Pieterzck. 1998. “The Development Of The Cruise Line Job Satisfaction Questionnaireâ€. Journal Of Travel Research, Vol.36.

Veithzal Rivai & Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. “Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaanâ€. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Waridin dan Masrukhin. 2006. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Bidaya Organisasi, dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawaiâ€. Ekobis, Vol.7, No.2.

Yammarino,F.Y dan Bass B.M. 1990. â€Long Term Forecasting or Transformational Leadership and Its Effect Among Naval officers. Group and Organizational Studiesâ€. 15:382-395.

Yulk. 1989. “Management Leadership : A Review of Theory and Researchâ€, Journal of Management. Vol.15 No.2. State University of New York at Albany, p.251-289.

Yuwalliatin. 2006. “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Kompetitif Dosen Unisula Semarangâ€. Ekobis. Vol.7.

Published
2017-08-15
Section
Articles
Abstract viewed = 658 times
PDF downloaded = 627 times