ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SERTA KINERJA KARYAWAN DI HOTEL MERCURE RESORT SANUR

  • Eflin Kurniawati Djari Universitas Warmadewa
Keywords: Kepuasan kerja, komitmen profesional, komitmen organisasi, kinerja karyawan

Abstract

Dalam sebuah organisasi khususnya di bidang pariwisata sumber daya manusia memegang peran penting dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sangat tergantung pada kinerja dan kenyamanan sumber daya manusia (karyawan) itu sendiri dalam menjalankan tugas yang diberikan. Rendahnya kinerja karyawan dapat disebabkan oleh rendahnya komitmen profesional dan komitmen organisasi. Komitmen profesional dapat didefinisikan sebagai sebuah kepercayaan dan penerimaan terhadap tujuan-tujuan dan nilai-nilai dari profesi, memecahkan permasalahan yang timbul dengan menggunakan keahlian dan dedikasi mereka secara profesional. Komitmen organisasi sebagai kekuatan relatif dari identifikasi individual dan keterlibatan lainnya dalam organisasi. Kepuasan kerja juga mempunyai pengaruh pada kinerja dan komitmen organisasi. Orang yang mempunyai tingkat kepuasan kerja lebih tinggi cenderung mempunyai tingkat kinerja tugas lebih tinggi dan komitmen terhadap organisasi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepuasan kerja terhadap komitmen profesional dan komitmen organisasi serta kinerja karyawan di Mercure resort Sanur. Untuk menjawab penelitian tersebut maka dilakukan penelitian dengan populasi penelitian 240 orang karyawan di Mercure Resort Sanur. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified sampling dan data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM-PLSdan data diolah dengan program Smart-PLS Ver.2.0. M.3. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen profesional, komitmen organisasi, dan kinerja karyawan. Komitmen profesional tidak berpengaruh psoitifdan signifikan terhadap kinerja, sedangkan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan Mercure Resort Sanur. Implikasi penelitian agar Mercure Resort Sanur merumuskan kebijakan-kebijakan terkait dengan temuan bahwa kepuasan kerja memegang peranan penting dalam meningkatkan komitmen organisasi sehingga berdampak pada peningkatan kinerja karyawannya, sementara komitmen profesional tidak dapat berdiri sendiri dalam meningkatkan kinerja sehingga perlu adanya penguatan terhadap komitmen organisasi dalam diri karyawan yang akhirnya akan berdampak pada kinerja karyawan.

References

Albrecht, S., S.W. Brown &D.R. Field. 1981. Toward Increasing Job Satisfaction of Practicing CPAs, Journalof Accountancy.

Azeem, S.M. 2010. Job Satisfaction and Organizational Commitment among Employees in the Sultanate of Oman, Psychology, vol. 1, no. 4, pp. 295-299.

Crossman, A. and Zaki, BassemAbou. 2003. Job satisfaction and employee performance of Lebanese banking staff. Journal of Managerial Psychology, Vol. 18 No. 4, pp. 368-376.

Danish, R.Q. & Usman, Ali. 2010. Impact of Reward and Recognition on Job Satisfaction and Motivation-An Empirical Study from Pakistan. International Journal of Business and Management, vol. 5, no. 2, pp. 159-167.

Fitzgerald, L., Johnston, R., Brignall, S., Silvestro, R. and Voss, C. 1994. Performance Measurement in Service Businesses, The Chartered Institute of Management Accountants, Cambridge.

Fu, Weihui. & Deshpande, Satish P. 2014. The Impact of Caring Climate, Job Satisfaction, and Organizational Commitment on Job Performance of Employees in a China's Insurance Company. Journal of Business Ethics, Vol.124, No.2 pp.339-349

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program SPSS. Edisi Ketujuhbelas, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jones, J.M.S. 2000, The Impact of Hospital Mergers on Organizational Culture, Organizational Commitment, Professional Commitment, Job Satisfaction, and Intent to Turnover on Registered Professional Nurses on Medical-Surgical Hospital Units, Dissertation, State University of New York at Buffalo.

Kalleberg, A.L. 1977. Work Values and Job Rewards: A Theory of Job Satisfaction, American Sociological Review, Vol. 42, pp. 124-43.

Locke, E.A. 1976. The Nature and Causes of Job Satisfaction, Handbook of Industrial and Organizational Psychology, Rand-McNally, Chicago, IL

Lodahl, T.M., &Kejner,M. 1965. The Definition and Measurement of Job Involvement. Journal of Applied Psychology, Vol. 49, pp. 24-33.

Lok, P. & Crawford, J. 2001. Antecedents of Organizational Commitment and The Mediating Role of Job Satisfaction, Journal of Managerial Psychology, vol. 16, no. 7, pp. 594-613.

Mercer, D. 1997. Job Satisfaction and The Secondary School Teacher: The Creation of a Model of Job Satisfaction. School Leadership and Management, Vol. 17.

Mowday, R. T., Steers, R.M., & Porter, L.W. 1979. The Measurement of Organizational Commitment. Journal of Vocational Behavior, Vol.14, pp. 224-247.

Shurbagi, Adel Mohamed Ali. 2014. The Relationship between Transformational Leadership Style Job Satisfaction and the Effect of Organizational Commitment, International Business Research, Vol. 7, No.11, pp. 126-138.

Somech, A. and RonitBogler. 2002. Antecedents and Consequences of Teacher Organizational and Professional Commitment. Educational Administration Quarterly, Vol. 38, No. 4, pp. 555-577

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) Cetakan Ketujuh Belas. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susanj, Zoran; Jakopec, Ana. 2012. Fairness Perceptions and Job Satisfaction as Mediators of the Relationship between Leadership Style and Organizational Commitment, Psychological Topics, Vol. 21, No.3 pp.509-526.

Ujianto, Guntur danSyafarudinAlwi, 2005. Analisis Pengaruh Komitmen Profesional Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Bank Bukopin Yogyakarta. JurnalSINERGIHuman Resources.

Wang, Xinyan., Liao, Jianqiao., Xia, Degen., and Tao Chang. 2010. The Impact of Organizational Justice on Work Performance Mediating Effects of Organizational Commitment and Leader-Member Exchange, International Journal of Manpower, Vol. 31, No. 6, pp. 660-677.

Wright, T.A. and Cropanzano, R. 1997. Well-Being, Satisfaction, and Performance: Another Look at the Happy/Productive Worker Thesis, paper presented at the Annual Meeting of the Academy of Management, Boston, MA

Yücel, Ilhami. 2012. Examining the Relationships among Job Satisfaction, Organizational Commitment, and Turnover Intention: An Empirical Study, International Journal of Business and Management, Vol.7, No.20, pp. 44-58.

Published
2017-08-07
Section
Articles
Abstract viewed = 377 times
PDF downloaded = 312 times