NILAI ANGGAPAN PELANGGAN SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN AUTO2000 DENPASAR
Abstract
Tiga langkah dalam proses pemasaran yaitu memahami pasar dan kebutuhan pelanggan, merancang strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan, dan membangun program pemasaran, kesemuanya mengarah ke langkah keempat yang merupakan langkah yang paling penting yaitu membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan yang dikenal dengan manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management dengan memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi yang akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan. AUTO2000 Denpasar berupaya membina hubungan baik dengan pelanggan, dengan cara memperlakukan pelanggan dengan hormat dan memberi mereka produk dan layanan sebaik mungkin. Dengan memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik selama konsumen memiliki kendaraan Toyota, mulai dari saat konsumen membeli, menggunakannya, serta nantinya menjual kembali, dengan berupaya memberikan “Best Total Ownership Experience†atau Pengalaman Kepemilikan Terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikansi manajemen hubungan pelanggan terhadap nilai anggapan pelanggan dan kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan di AUTO2000 Denpasar. Untuk menjawab penelitian tersebut maka dilakukan penelitian dengan populasi penelitian 137 orang pelanggan di AUTO2000 Denpasar. Teknik sampling yang digunakan accidental sampling dan data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM-PLSdan data diolah dengan program Smart-PLS Ver.2.0. M.3. Berdasarkan hasil analisis manajemen hubungan pelanggan berpengaruh pada nilai anggapan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Nilai anggapan pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh pada loyalitas pelanggan, sementara nilai anggapan pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas pelanggan. Nilai anggapan pelanggan tidak memiliki peran mediasi pada manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kecuali dimediasi kembali oleh kepuasan pelanggan. Implikasi penelitian ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. AUTO2000 hendaknya membangun manajemen hubungan pelanggan dengan baik sehingga nilai anggapan pelanggan terbentuk dan mencapai kepuasan yang akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan.References
Amiri, M. &Esmailpour, H. 2014. DL Impact of Customer Relationship Management on Customer Loyalty Chain Hotel, Kuwait Chapter of the Arabian Journal of Business and Management Review, vol. 3, no. 7, pp. 217-232.
Ata, U.Z. &Toker, A. 2012. The Effect of Customer Relationship Management Adoption in Business-to-Business Markets, The Journal of Business & Industrial Marketing, vol. 27, no. 6, pp. 497-507.
Chadha, A. 2015. Case Study of Hotel Taj in the Context of CRM and Customer Retention, Kuwait Chapter of the Arabian Journal of Business and Management Review, vol. 4, no. 7, pp. 1-8.
Coltman, T., Devinney, T.M. &Midgley, D.F. 2011. Customer Relationship Management and Firm Performance, Journal of Information Technology, vol. 26, no. 3, pp. 205-219.
Dhingra, M. &Dhingra, V. 2013. Determinants of Electronic customer relationship management (e-CRM) for customer satisfaction in banking sector in India, African Journal of Business Management, vol. 7, no. 10, pp. 762-768.
Ene, S. &Özkaya, B. 2014. A Study on Corporate Image, Customer Satisfaction and Brand Loyalty in the Context of Retail Stores, Asian Social Science, vol. 10, no. 14, pp. 52-66.
Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang: BP Undip.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Principles of Marketing, 12th Ed. Bob Sabran (penerjemah). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid Satu. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management, 12th Ed. Benyamin Molan (penerjemah). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid Satu. Jakarta: PT. Indeks.
Lee, A.L.Y. & Chan, G.S.H. 2015. Exploring the Customer Relationship Management Practices of Online Shopping Malls in Hong Kong, International Journal of Business and Management, vol. 10, no. 10, pp. 48-62.
Mohammed, A.A. & Rashid, B. 2012. Customer Relationship Management (CRM) in Hotel Industry: A framework Proposal on the Relationship among CRM Dimensions, Marketing Capabilities, and Hotel Performance, International Review of Management and Marketing, vol. 2, no. 4, pp. 220.
Rahimi, R. 2014. Organisational Culture Perspective and Implementing Customer Relationship Management (CRM) in Hotel Industry: Case of a Chain Hotel in the UK, European Journal of Tourism Research, vol. 8, pp. 162-165.
Riadh, W. &Bahri-Ammari, N. 2014. Dimensions of Customer Relationship Management in the Tunisian Tourism Context, Journal of Tourism Challenges and Trends, vol. 7, no. 2, pp. 27-45.
Solimun. 2002. Structural Equation Modelling (SEM) LISRELdan Amos. Malang: Universitas Brawijaya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) Cetakan Kedua Belas. Bandung: Penerbit CV. Alpha Beta.
Tjiptono, Fandy.,danGregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi danTesis Bisnis, Edisi Pertama, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Valmohammadi, C. &Beladpas, M. 2014. Customer Relationship Management and Service Quality, a Survey within the Banking Sector, Industrial and Commercial Training, vol. 46, no. 2, pp. 77-83.
Wang, Y. & Feng, H. 2012. Customer Relationship Management Capabilities, Management Decision, vol. 50, no. 1, pp. 115-129.
Yao, H. &Khong, K.W. 2012. Customer Relationship Management: Is It Still Relevant to Commercial Banks in Taiwan?,International Journal of Business and Management, vol. 7, no. 1, pp. 151-160.
Copyright (c) 2017 JAGADITHA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.