PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS WARMADEWA

  • Ni Luh Putu Ayu Sari Dewi Universitas Warmadewa
Keywords: Teknologi informasi, manajemen belajar dan motivasi belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar. 2) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap manajemen pembelajaran. 3) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh manajemen pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di FKIK Universitas Warmadewa, subyek penelitian adalah mahasiswa FKIK sedangkan obyeknya adalah teknologi informasi, manajemen pembelajaran dan motivasi belajar. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran angket. Jumlah populasi adalah sebesar 280 orang, sedangkan jumlah sample adalah 69 orang yang didekati dengan metode accidental sampling. Analisis menggunakan model SEM dibantu software PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan motivasi belajar di FKIK Universitas Warmadewa, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan Manajemen Pembelajaran. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran dengan Motivasi Belajar.

References

Andi Aulia Hamzah, Achmad Syarief, Ifa Safira Mustikadara. Pengaruh Tampilan Visual Terhadap Motivasi Belajar Berdasarkan Kategori. Website Elearning. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012)ISSN: 19075022 Yogyakarta, 1516 Juni 2012.

Anonim (2008). Sumber Belajar Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/

Anonim (2011). Buku Panduan Modul Blok. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Denpasar.

Anonim (2012). Organisasi dan Tata Kelola. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Denpasar.

Anonim. Sumber Belajar.

(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Sisca%20Rahmadonna,%20S.Pd.,%20M.Pd./Sumber%20Belajar.pdf

Anonim (2013). Pengertian Data Dan Jenis Data.(http://www.pengertianahli. com /2013/11/pengertian-data-dan-jenis-data.html#)

Anonim. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. (http://www.academia.edu/6322981/faktor_faktor_yang_mempengaruhi_motivasi_belajar_siswa)

Azwar, Saifuddin (2000). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung.

Malayu (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi revisi). Bumi Aksara: Jakarta.

Martono. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Mahasiswa.(http://sir.stikom.edu/13/1/Analisis%20Faktor-faktor%20Yang%20Mempengaruhi%20Motivasi%20Belajar%20Mahasiswa.pdf)

Muhammad Andri (2011). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Media Pembelajaran.

Raharjo, R. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Diknas dan PT. Raja Grafindo Perkasa.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Published
2017-08-07
Section
Articles
Abstract viewed = 248 times
PDF downloaded = 484 times