ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM SHANTI GRAHA BULELENG
Abstract
Industri kesehatan di wilayah Kabupaten Buleleng dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang berkelanjutan, hal ini menyebabkan terjadinya persaingan untuk mempertahankan dan meningkatkan kuantitas pasien menjadi semakin sulit. Rumah sakit Umum Shanti Graha sebagai salah satu industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan merasakan dampak dari persaingan industri pelayanan kesehatan ini. Mempertahankan pasien merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Shanti Graha. Kualitas pelayanan yang prima dan optimal diharapkan mampu memenuhi harapan pasien, sehingga rumah sakit mampu memenangkan persaingan sehingga tujuan kegiatan operasional usaha secara internal dan eksternal dapat dicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepercayaan pasien. Responden penelitian ini adalah para pasien Rumah Sakit Umum Shanti Graha. Jumlah responden penelitian ditetapkan sebanyak 140 responden dengan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode stratified proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis partial least square (PLS) dengan bantuan program software PLS 2.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keprcayaan pasien, 3) kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien, sedangkan hipotesis 4) pengaruh kepuasan pasien memediasi sebagian antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien. Implikasi manajerial penelitian ini yaitu Rumah sakit Umum Shanti Graha sebaiknya melakukan perbaikan kinerja dengan meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada indikator-indikator kualitas pelayanan yang berada dibawah rata-rata total, seperti : fasilitas fisik rumah sakit, teknologi rumah sakit yang modern, kemampuan petugas medis rumah sakit yang dapat dipercaya, rasa aman pasien atas pelayanan kesehatan rumah sakit dan ketertarikan pasien dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan rumah sakit yang telah di aplikasikan untuk meminimalkan komplain pasien.References
Achmad Hardiman. 2003. Rumah Sakit Indonesia Belum Siap Bersaing. Melalui http://www.kompas.com/kompas-cetakr/0412/22/humaniora1455383 html-4k.[4/21/04].
Al-Rousan, M. Ramzi, Badarudin Mohamed, 2010. Customer Loyalty and the Impact of Service quality : The Case of The Five Star Hotel in Jordan, International Journal of human and Social Sciences, Vol. 20 No. 4.pp.455-472.
Alrubaiee, L. 2011. The Mediating Effect of Patient Satisfaction in the Patients’ Perception of Healthcare Quality-Patient Trust Relationship, International Journal of Marketing Studies. Vol. 3, No. 1, pp. 103-127.
Aykac, D.S.O., Aydin, S., and Ates, M., Cetin, A.T. 2007. Effect of Service Quality On Customer Satisfaction and Customer Loyalty, Marmara University Hospital. pp. 1-11.
Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Andreas Winardi (penerjemah). Yogyakarta: Andi
Bologlu, Seyhmus. 2002. Dimention of customer loyalty – Separating Friends from Well Wisher Cornell Hotel and Restauran. Administration Quarterly, Cornel University.
Bowen, John T & Shiang-Lih Chen. 2001. The Relationship Between Customer Loyalty and Customer Satisfaction, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Volume 13/5. Pp. 213-217.
Chuang, L.M., Tsai, M.T., Wu, Z.E., and Shiu, J.J. 2012. The Impact of Customer Interaction on Customer Loyalty in Taiwan’s International Tourist Hotels: The Mediating effect of Service Quality and Trust, Innovative Marketing. Vol. 8, Issue 2, pp 33-45.
Chumpitaz, R., Paparoidamis, N,G. 2004. Service Quality and Marketing Performance In Business to Business markets: Exploring the Mediating Role of Client Satisfaction, Managing Service Quality, Emerald Insight. Vol. 14, Number 2/3, pp. 235-248.
Costabile, M., Raimondo, M.A & Miceli, G. 2002. A Dynamic Model Of Customer Loyalty. Proceedings of 31st Annual Conference of the European Marketing Academy, 28-31 May, Braga.
Daldiyono. 2007. Pasien pintar & dokter bijak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. p. 187-199
Dominici Gandolfo and Rosa Guzzo. 2010. Customer Satisfaction In The Hotel Industry : A Case Study from Sicily. International Journa Of Marketing Studies. Vol. 2 No.2.
Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Fakulktas Ekonomi Universitas Diponogoro, Semarang.
Garbarino dan Johnson, 1999. The different Roles of Satisfaction. Journal of Marketing.
Ghozali, H dan Fuad. 2005. Structural Equation Modeling. Teori, Konsep dan Aplikasi Dengan Program Lisrel 8.54. Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.
Guspul, A., Ahmad, A. 2014. Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosobo, Jurnal PPKM III. pp. 156-170
Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. Pearson Prentice Hall
Jacobalis, S., 2000. Rumah Sakit Indonesia Dalam Dinamika Sejarah. Transformasi , Globalisasi dan Krisis Nasional. Yayasan Penerbitan IDI, Jakarta.
Javedein, S.R.S., Khanlari, A., and Estiri, M. 2009. Customer Loyalty in the Sport Service Industry : The Role of Service Quality, Customer Satisfaction, Commitment and Trust, International Journal Of Human Science. Vol. 5, Issue 2, pp 1-19.
Jiun, 2005. Rumah Sakit Era Global. (online), (http://health.yahoogroup.com/health-talk)
Karmaya, N. Beberapa Aspek Hubungan Dokter dan Odha. Bali. (online), (http://www.ibase.info.itpc/indonesian/spirita/docs/Pembicara%Tamu/Hubungan-Dokter-Odha.ppt.)
Koc, F., Ozbek, V., Alniacik, E. 2014. The Moderating Role of Service Environment On The Effect of Firm Reputation and Perceived Service Quality On Consumer Trust : a study In The Healthcare Industry, Journal of Global Strategic Management. Vol. 16, pp 111-120.
Kotler P dan Amstrong, 2007. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid Sembilan. Edisi Bahasa Indonesia. PT Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong, 2007. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.
Latan, H., Ghozali, I. 2012. Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 2.0 M3 untuk Penelitian Empiris.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lupiyoadi, H. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Jakarta. Penerbit Salemba Empat
Parasuraman, A.: Zeithamyl, Valerie.A.: Berry, Leonard L. 1988. 1988. SERVEQUAL : Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception Of Service Quality, Journal of Retailing , Vol. 64, 1. Pp 12.
Pepur, M., Mihanovic, Z., and Pepur, S. 2013. Analysis Of The Effect Of Perceived Service Quality To The Relationship Quality On The Business To Business Market, Preliminary Communication. pp. 97-109
Pollack, B.L. 2007. Linking The Hierarchical Service Quality Model to Customer Satisfaction and Loyalty, Emerald Journal of Service Marketing. Vol. 23, Number 1, pp. 42-50
Presbury, Rayka; Anneke Fitzgerald and Ross Chapman. 2005. Impediments To Improvement In Service Quality In Luxury Hotel. Managing Service Quality. Vol. 15. No. 4. Pp. 353-373
Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rasheed, F.A., Abadi, M.F. 2014. Impact of Servuce Quality, Trust and Perceived Value on Customer Loyalty in Malaysia Service Industries, Procedia Social and Behavioral Science. Vol. 164, pp 298-304.
Santoso, S. 2007. Riset Pemasaran (Konsep dan aplikasi dalam SPSS). Jakarta : PT Alex Medis Komputindo.
Shpetim, C. 2012. Exploring The Relationship Among Service Quality, Satisfaction, Trust and Store Loyalty among Retail Customer, Journal of Competitiveness. Vol. 4, Issue 4, pp. 16-35.
Sideshmuhk, Deepak, Singh J. and Berry S, 2002. Customer Trust, Value, and Loyalty in Relational Exchange. Journal Of Marketing.
Sugiyono, 2008. Meotde Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Suparto, Adikoesoemo. 1995. Manajemen Rumah Sakit. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Srivastava, M., Rai, A.K. 2013. Investigating The Mediating Effect of Customer Satisfaction In he Service Quality-Customer Loyalty Relationship, Banaras Hindu University, Varanasi, India. Vol. 26. pp 97-109.
Tabaku, E ., Cerri, S. 2015. An Investigation of Mobile Telephony Customers in Albania, The Macrotheme Review, A Multidisciplinary Journal of Global Macro Trends. Vol. 4, Issue 6, pp. 144-155.
Tjandra Yoga Aditama. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia, Jakarta.
Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta. Gramdia Pustaka Utama.
Widayat, R. 2005. Kepemimpinan Rumah Sakit , Suara Merdeka desember, Jawa Tengah
Wikipedia, 2015. Hospital. (online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah Sakit)
Copyright (c) 2017 JAGADITHA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.