PKM Peningkatan Manajemen Usaha Kacang Kapri Artha Dewi pada Industri Rumah Tangga di Desa Batubulan Sukawati, Gianyar
Abstract
Sektor UMKM diharapkan mampu menjadi sumber kekuatan baru perekonomian nasional dalam menghadapi krisis.Untuk bisa menjadi kekuatan baru di bidang ekonomi, pemerintah hendaknya memperhatikan SDM dan Manajemennya. Inovasi dari rata-rata UMKM selama ini dirasa masih minim sehingga bisnis UMKM kerap jalan ditempat. Belum lagi persoalan financial atau modal usaha yang kerap menghambat pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivtasnya. Persoalan terakhir yang harus diperhatikan adalah keterbatasan akses pemasaran dan juga penyediaan bahan baku. Salah satu desa yang menjadi sasaran kegiatan PKM adalah UKM kacang kapri dibanjar Kenanga Desa Batubulan Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar yang berjarak ± 10 km. Menurut ibu Gek Ayuni bahan baku kacang tanah yang sesuai standar kebutuhan kadang tidak mudah didapat. Kalaupun ada, harus menunggu beberapa hari. Dampak yang dirasakan mitra di masa Pandemi seperti saat ini adalah kendala dalam pemasaran karena mengalami penurunan penjualan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah sulit mengembangkan usaha. Karena terbatasnya sumber modal, kurangnya promosi, belum melakukan pencatatan pembukuan terkait dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan dan dalam menjalankan usahanya mitra menjalankan usahanya secara kekeluargaan.Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan solusi bagaimana meningkatkan penjualan di masa pandemi oleh karena itu tim pengabdian memberi solusi berupa pemberian pendampingan manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran.dan tata kelola kewirausahaan.
References
Andilala. (2020). Upaya pemerintah memaksimalkan peran UMKM di masa pandemi COVID-19. Antara.Com.
Evi Septiana Pane. 2014. Adoption Of Social Media As An Marketing Tools Of Small Medium Enterprises Products (Case Study on The Participants of IKM Alumni In Surabaya Industrial Training Center In 2012). Balai Diklat Industri Regional V Surabaya - Kementerian Perindustrian Surabaya.
Moch Hari Purwidiantoro, Dany Fajar Kristanto S.W., Widiyanto Hadi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jurnal EKA CIDA, Vol. 1 No. 1 Maret 2016 30 ISSN: 2503-3565 e-ISSN: 2503-3689
P. Kotler, and Keller. (2013), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas Jakarta: PT. Indeks,
Prasana et al., (2019). Sustainability of SMEs in the Competition:A Systemic Review on Technological Challenges and SME Performance. Journal of Oven Innovation, Tehcnology Market and Complexcity. 2019, 5, 100; doi:10.3390/joitmc504010