Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris SD Negeri 1 Petang Suci Melalui Bimbingan dan Pengajaran di Kelas
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mana dilakukan dengan cara pelatihan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengajaran di kelas dan bimbingan belajar di luar kelas. Program ini dapat dilakukan atas kerja sama Universitas Warmadewa dengan masyarakat Banjar Petang Suci, khususnya pihak SD N 1 Petang guna mempersiapkan generasi penerus yang akan bersaing di masa depan. Dalam proses pembelajaran diimplementasikan metode diskusi dan latihan soal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode interview dan observasi lapangan. Materi yang diberikan kepada peserta didik berupa Bahasa Inggris dasar yang mencakup reading, writing, speaking, dan listening. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengajaran dan bimbingan belajar yang digelar di Banjar Petang Suci, Kabupaten Badung, khususnya di SD N 1 Petang dan posko Mahasiswa KKN Warmadewa Petang Suci.
References
Handayani, S. Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggri Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, v.3, n. 1, p. 102-106, Mei 2016. ISSN 2442-6350. Available at: <http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf>
Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munthe, A. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Sadiku, Lorena Manaj. The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 29-31, apr. 2015. ISSN 2411-4103. Available at: <http://journals.euser.org/index.php/ejls/article/view/558>
Sukardi & Dewa Ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.