Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan dan Strategi Promosi di Masa Pandemi
Abstract
Pada Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini terdapat dua bidang permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha kecil di Jalan Akasia, yaitu bidang mikro dan makro. Ekonomi Mikro biasanya menganalisis masalah ekonomi yang spesifik, contohnya perusahaan atau instansi, sedangkan ekonomi makro biasanya mempelajari masalah-masalah yang lebih rumit, seperti keuangan negara. Permasalahan Mikro yang dihadapi pengusaha kecil di Jalan Akasia yaitu media promosi seperti spanduk rusak dan tidak terawat, kurangnya media atau saran promosi seperti media cetak ataupun online maka solusi yang ditawarkan adalah melakukan perbaikan spanduk serta mendesain serta membuat beberapa media promosi seperti spanduk, logo, brosur, kartu nama maupun WA Bussiness, Facebook dan Instagram. Adapun masalah makro yang dihadapi yaitu kesadaran akan pentingnya bahasa-bahasa iklan sebagai media promosi masih sangat minim, kurangnya kesadaran akan pentingnya menggunakan media cetak maupun berbasis online dalam mempromosikan barang/jasa yang ditawarkan. Maka, solusi dari permasalahan ini yaitu melakukan sosialisasi kepada pedagang mengenai bahasa-bahasa iklan yang bersifat persuasif sebagai medianya.
References
Ayu, G., Dewi, P., Ningrum, V., Agung, A., & Ayuningsasi, K. (2020). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Bidang Fashion Di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unu, 9(1), 147–176.
Dian Susanthi, I Gusti Ayu Agung, Mahayana, I Made Astu, Kertiasih, NN (2020). Pengajaran ESP Bagi Polisi Pariwisata di Sekolah Negeri Polda Bali. Community Service Journal (CSJ) 2 (2), 67-74. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/index
Jefkins, Frank. 1996. Periklanan Edisi III. Jakarta: Erlangga.
Kasali, Rhenald, Manajemen Periklanan. Jakarta: Grafiti, 1995
Nurslalim, Di. (2020). New Normal Sebagai Gaya Hidup. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-5097523/new-normal-sebagai-gaya-hidup
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1998. Nomor 32. Tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil.
Pratiwi, dkk. (2018). Mengupas Makna dan Menguak Ideologi di Balik Iklan Pariwisata Bali. Denapasar: Pustaka Larasan
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal
Statuta Univ. Warmadewa Visi-Misi Tujuan dan Sarana 2020