Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Lingkungan di Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar
Abstract
Dengan status ini desa wisata yang disandang, Kelurahan Beng mengemban tanggung jawab yang besar untuk menjaga kelestarian alamnya, yang merupakan daya tarik utama destinasi ini. Permasalahan yang kerap ditemui di daerah destinasi wisata adalah problema sampah sebagai akibat dari bertambahnya kunjungan wisatawan dan kegiatan ekonomi masyarakat. Di samping permasalahan sampah, ekonomi kreatif juga menjadi agenda penting untuk dikembangkan di Kelurahan Beng. UMKM di Kelurahan Beng menawarkan produk yang menarik dan berkualitas baik, untuk memaksimalkan potensi tersebut terutama di era digital saat ini, pengelola UMKM perlu memahami teknik pemasaran digital. Dengan permasalahan yang dihadapi Kelurahan Beng tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah sosialisasi kepada warga mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan manfaat yang diperoleh dari aktivitas tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, demostrasi, dan praktik. Sementara itu, untuk meningkatkan kinerja pemasaran digital UMKM, solusi yang diberikan adalah sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pemasaran digital di era saat ini. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan praktik langsung. Keberhasilan kegiatan diukur menggunakan indikator: 1) Target jumlah peserta pelatihan, 2) Ketercapaian tujuan pelatihan, 3) Ketercapaian target materi yang telah direncanakan, 4) Kemampuan peserta dalam penguasaan materi. Tingkat ketercapaian keempat indikator ini menunjukkan nilai rata-rata di atas 75 persen sehingga kegiatan pengabdian ini telah berjalan baik. Kegiatan pelatihan perlu dilanjutkan ke depannya dengan materi lanjutan untuk semakin meningkatkan pemahaman masyarakat dan ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat meningkatkan efektivitas program penanggulangan sampah dan pengembangan UMKM.
References
Augustin, J. 2020. In Bali, young people lead the fight as a plastic plague threatens paradise. Retrieved 2 Sept 2020. Available online at: https://news.mongabay.com/2020/02/in-bali-young-people-lead-the-fight-as-a-plastic-plague-threatens-paradise/
Bahraini, A. 2020. Waste Bank to Support Indonesia Clean-from-Waste 2025. Retrieved 2 Sept 2020. Available online at: shorturl.at/bwDZ5.
Indiani, N. L. P., Rahyuda, I. K., Yasa, N. N. K., Sukaatmadja IPG. 2015. Perceived risk and trust as major determinants of actual purchase, transcending the influence of intention. ASEAN Marketing Journal, 7(1), 1–13.
Indiani, N.L.P., dan Fahik, G.A. 2020. Conversion of online purchase intention into actual purchase: the moderating role of transaction security and convenience. Business: Theory and Practice, 21(1): 18-29.