Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa Di Masa Pandemi COVID-19

  • Ni Luh Gede Taman Kristanti Universitas Warmadewa
  • Putu Nita Cahyawati Universitas Warmadewa
  • I Gde Yudhi Kurniawan Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Stres, COVID-19

Abstrak

Pandemi COVID-19 berdampak besar dalam berbagai sector kehidupan termasuk dunia pendidikan di Indonesia. Pembelajaran online merupakan salah satu perkembangan yang terjadi di bidang pendidikan. Kondisi ini dapat mempengaruhi tingkat stres mahasiswa. Studi terdahulumelaporkan bahwa terdapat keterkaitan antara kecerdasan emosional dan stres. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa sebanyak 106 mahasiswaSurvei ini mengungkapkan, dari 106 responden, 67,9% mempunyai kecerdasan emosional tinggi dan 32,1% mahasiswa dengan tingkat emosional rendah. Analisis tingkat stres diperoleh 59.4% mahasiswa tergolong normal dan 40,6% tergolong stress. Analisis statistik menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat stres dengan nilai p<0,05 dan OR sebesar 2,675. Hasil ini menunjukkan bahwa responden yang memiliki kecerdasan emosional rendah berisiko 2 kali lebih besar untuk mengalami stres dibandingkan dengan responden yang memiliki kecerdasan emosional tinggi.

Diterbitkan
2022-10-21
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 179 times
PDF downloaded = 843 times