PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK AIR TANAH DI DISPENDA KOTA DENPASAR

Tri Yogi Jan Putra

Abstract


Tax is a kind of national income soure for national development financing. Improved obedience of tax payer is one of many way to increasing national income from tax. This research aims to analyze the effect of tax payer consciousness, service quality, and tax punishment to the obedience of groundwater tax payer in Dispenda Denpasar City. This research use 90 sample. Descriptive statistic, classic assumption test, and multiple regression linear has been used in this research to analyze data. The result of thi research shows that tax payer consciousness, service quality, and tax punishment have a signfficant effect to the obedience of groundwater tax payer in Dispenda Denpasar City.

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara dalam membiayai pembangunan nasional. Salah satu cara untuk meningkatkan penerimaan pemerintah dari sektor pajak adalah dengan meningkatkan kepatuhan wajib pajak itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan pada kepatuhan wajib pajak air tanah di Dispenda Kota Denpasar. Sampel yang digunakan sebanyak 90 yang diperoleh berdasarkan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda didahului oleh uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan menunjukkan kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak air tanah di Dispenda Kota Denpasar dengan nilai thitung masing-masing variabel lebih besar dari ttabel yaitu 1,658, serta nilai signifikansi lebih besar dari 0,05.

Keywords


Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak Air tanah

Full Text:

PDF

References


Alifa, Nur Rohmawati. 2011. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Penyuluhan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Arum, Harjianti Puspa. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Skripsi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro, Semarang.

Dispenda Kota Denpasar. 2011. Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 6 Tahun 2010. Tentang Pajak Air Tanah

______. 2011. Peraturan Walikota Denpasar Nomor 46 Tahun 2013. Tentang Pengenaan pajak Air Tanah di Kota Denpasar

Djatmikowati, Sri Hartini. 2009. Dimensi Rasionalitas Kualitas Pelayanan Publik Guna Peningkatan Kepuasan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Telaah Bisnis, X (1): h: 43-60.

Husein, Umar. 2004. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Palda, Filip dan Jan Hanousek. 2002. Quality of Government Services and the Civic Duty to Pay Taxes in the Czech and Slovak Republics, and other Transition Countries.

Permatasari, Aprilia. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Pratiwi, I Gusti Ayu Made Agung Mas Andriani. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan Perusahaan, dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Dispenda Kota Denpasar. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Sanjaya, I Putu Adi Putra. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Hotel di Dispenda Kota Denpasar. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Suardikha, I Made Sadha. 2009. Pengaruh Sistem Perpajakan yang Kondusif Terhadap Dunia Usaha. Audi Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2 (2): h:68, Denpasar: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Susilawati, Evi Ketut. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2): h: 345-357.

Supadmi, Ni Luh. 2009. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Audi Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4 (2): h:214-219, Denpasar: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Torgler, B. 2005. Tax morale and Direct Democracy. European Jouernal Of Political Economy, 21, h: 525-531

Tri Komala Sari, Puput, Moh. Nashih. 2005. Degree of Tax Payers Complience and Tax Tarif: The Testing on The Impact of income Types. Simposium Nasional Akuntansi, VIII: h:554-564.

Ussahawanichakit, Phapruke. 2008. Effect of Organizational Learning Culture on Service Quality and Performance of Thai Accounting Firms. International Journal of Business Research.

Webley, P., H. Robben., H. Elffers dan D. Hessing. 1991. Tax Evasion: An Experimental Approach. Cambrdige, United Kingdom: Cambridge University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.