PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT “OLAHAN JAGUNG MANIS”

I Wayan Sudiarta, A.A. Made Semariyani, N.M.A. Suardani, S

Abstract


Kegiatan PKM Produk Olahan Jagung Manis di laksanakan di Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Tujuan yang ingin dicapai yaitu, memberikan teknologi untuk mengolah hasil pertanian di Kelurahan Sumerta yaitu jagung manis menjadi produk olahan jagung manis, yaitu susu jagung manis, puding jagung manis, dodol jagung manis dan mie jagung manis. Peserta pelatihan akan diberikan pengetahuan mengenai kewirausahaan, managemen usaha, sanitasi dan higiene proses produksi, pengemasan, dan pemasaran, sehingga peserta pelatihan mampu mengelola usaha yang dibuat dengan baik. Metoda yang dilakukan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah dengan metoda wawancara, tatap muka, penyuluhan dan praktek secara langsung, Kegiatan dilakukan bertahap yaitu : Pertama, diadakan penyuluhan mengenai teknologi tepat guna pengolahan produk jagung manis, proses produksi serta sanitasi dan higiene pengolahan, penyuluhan Kewirausahaan, managemen usaha dan pemasaran. Kedua, dilakukan pelatihan/ praktek langsung mengenai pembuatan empat (4) produk olahan tersebut, dilakukan beberapa kali evaluasi sampai peserta pelatihan benar-benar menguasai teknologi tersebut dan peserta pelatihan mampu untuk membuat produk secara mandiri. Ketiga, difasilitasi untuk mendapatkan ijin P-IRT dari produk yang diproduksi dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar sehingga jangkauan pemasaran produk bisa lebih luas dan dijamin keamanannya. Keempat, Pada bagian akhir PKM ini dilakukan monitoring dan memotivasi kelompok dan anggota kelompok yang baru mulai merintis usaha pengolahan pangan yang berbasis jagung manis. Target luaran yang ingin dicapai yaitu peserta pelatihan secara mandiri mampu membuat produk olahan jagung manis, memahami pengetahuan kewirausahaan, manajemen pemasaran, sehingga bisa menjadi mandiri secara ekonomi. Kegiatan juga didokumentasikan dan dilakukan penulisan artikel untuk dimuat pada Majalah Ilmiah.

Full Text:

Untitled

References


Anonymous, 2012. Buku Profil Kelurahan, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Propinsi Bali

Agato dan Narsih. 2011. Pengembangan Hasil Pertanian Jagung Menjadi Produk Susu Jagung dan Kerupuk Jagung. Jurnal Teknologi Pangan Vol 2 No 1, Nov 2011. Hal. 86-94

Badan POM. 2003. Higiene dan Sanitasi Pengolahan Pangan. Direktorat Surveylan dan Penyuluhan Keamanan Pangan. Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya. Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jakarta.

Buckle, K.A., R.A. Edwards, G.H. Fleet dan M. Wootton. 2010. Ilmu Pangan. Penerjemah Purnomo dan Adiono. UI Press. Jakarta.

Hambali, E., A. Suryani, M. Ihsanur. 2006. Membuat Aneka Olahan Jagung. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hariyadi, P dan R.D. Hariyadi. 2011. Memproduksi Pangan Yang Aman. Dian Rakyat. Jakarta

Koswara, S. 2009. Teknologi Pengolahan Jagung. eBook.Pangan.com

Nugroho, S.P. 2010. Karakteristik Usaha Kecil di Indonesia. Perencanaan Pemasaran Usaha Kecil Rumahan. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 14, No 1. 2010. Hal. 22-27

Widyatmiko, E.D.S. 2008. Pelatihan Teknologi Pembuatan Susu Jagung Aneka Rasa dan Tidak Bau Langu sebagai Perintisan Wirausaha Baru. Makalah Pengabdian pada Masyarakat. Aspek Ekonomi Wirausaha Susu Jagung. Disampaikan pada pengabdian pada masyarakat di kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Winarni, S. 2010. Makanan Fungsional. Graha Ilmu. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.